Indonesia Sehat 2010

2 04 2008

Mimpi besar petinggi kesehatan (mudah-mudahan para pelaku kesehatan juga termasuk di dalamnya) di Indonesia saat ini adalah mewujudkan Indonesia Sehat 2010, lengkap dengan atribut pro dan kontra-nya. Bahkan slogan-slogan Indonesia Sehat 2010 sudah akrab di indera masyarakat Indonesia sendiri. Namun, seberapa banyakkah masyarakat Indonesia yang benar-benar paham apa dan bagaimana sebenarnya program Indonesia Sehat 2010 itu sendiri?

Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan adalah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Lingkungan Sehat

Dalam Indonesia Sehat 2010, lingkungan yang diharapkan adalah yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat yaitu lingkungan yang bebas dari polusi, tersedianya air bersih, sanitasi lingkungan yang memadai, perumahan dan pemukiman yang sehat, perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang saling tolong menolong dengan memelihara nilai-nilai budaya bangsa.

Perilaku Hidup Sehat

Selain lingkungan, perilaku masyarakat Indonesia Sehat 2010 yang diharapkan adalah yang bersifat proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah resiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Pelayanan Kesehatan Bermutu Adil dan Merata

Selanjutnya kemampuan masyarakat yang diharapkan pada masa depan adalah yang mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa adanya hambatan, baik yang bersifat ekonomi, maupun non ekonomi. Pelayanan kesehatan bermutu yang dimaksudkan disini adalah pelayanan kesehatan yang memuaskan pemakai jasa pelayanan serta yang diselenggarakan sesuai dengan standar dan etika pelayanan profesi.

Diharapkan dengan terwujudnya lingkungan dan perilaku sehat serta meningkatnya kemampuan masyarakat tersebut diatas, derajat kesehatan perorangan, keluarga dan masyarakat dapat ditingkatkan secara optimal. Pemerintah rupanya cukup serius dalam pencanangan tujuan ini, bahkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia telah mencanangkan 50 indikator sebagai acuan yang meski bukan sebagai harga mati dapat dijadikan sebagai ukuran pancapaian program tersebut.

Penduduk yang sehat bukan saja akan menunjang keberhasilan program pendidikan, tetapi juga mendorong peningkatan produktivitas dan pendapatan penduduk. Maka apabila cita-cita ini dapat dicapai, bukan sebuah hal yang mustahil untuk memenuhi sasaran pembangunan nasional berupa sumber daya manusia yang tangguh, mandiri serta berkualitas. Data UNDP tahun 1997 mencatat bahwa Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia masih menempati urutan ke 106 dari 176 negara. Akibatnya, tingkat pendidikan, pendapatan serta kesehatan penduduk Indonesia memang belum memuaskan.

Tentunya untuk mewujudkan hal-hal tersebut diperlukan kebijakan pembangunan kesehatan yang lebih dinamis dan proaktif dengan melibatkan semua sektor terkait, pemerintah, swasta dan masyarakat. Keberhasilan pembangunan kesehatan tidak hanya ditentukan oleh kinerja sektor kesehatan semata, melainkan sangat dipengaruhi oleh interaksi yang dinamis dari pelbagai sektor.

Mari kita dukung program ini sehingga cita-cita dan tujuan mulia Indonesia Sehat 2010 tidak hanya akan berakhir sebagai cita-cita. (disarikan dari http://depkes.go.id dan sumber lain)

About these ads

Actions

Information

18 responses

22 04 2008
dirmanto.web.id » Blog Archive » Indonesia Sehat 2010

[...] yang benar-benar paham apa dan bagaimana sebenarnya program Indonesia Sehat 2010 itu sendiri? klik disini untuk informasi [...]

22 04 2008
dirmanto

semoga tidak hanya sekedar mimpi besar ya bos…

9 05 2008
adhar

Para pejabat tinggi yg terhormat, sebaiknya ubah dulu perilaku KKN anda2 maka kita akan dapat mencapai Indonesia TerCINTA ini sehat pada tahun 2010

11 05 2008
Yuddi

@adhar

saya setuju kalau perilaku itu juga perlu di perbaiki, tapi kan butuh waktu yg lama sekali untuk itu..
makanya sebaiknya kita juga memulai paradigma sehat ini sejak dini.. jadi saatnya tiba nanti semua aspek kehidupan kita sudah sehat… meski agak susah sih :D

salam,
Yuddi

27 12 2008
wiwien

ada ndak orang yang sengaja melakukan malpraktek? Malprkatek untuk kalangan orang awan adalah bentuk kesegajan atau ketidak tauan yang dilakukan oleh dokter?

30 12 2008
Yuddi

@wiwien
Kalau menurut saya, kemungkinan untuk itu selalu ada, apalagi manusia itu kan tempatnya salah dan lupa.
Tapi.. jujur ajah saya belum pernah nemuin yang kayak gitu :)

6 01 2009
[tinggal] Setahun [lagi] Menuju Indonesia Sehat 2010 « Sehat Untuk Semua

[...] · No Comments Salah satu tulisan saya disini yang banyak dikunjungi adalah tentang Indonesia Sehat 2010. Seperti yang sudah saya ungkapkan dalam tulisan sebelumnya, salah satu rencana besar pemerintah [...]

2 02 2009
Near Syifa

Maunya indikator indonesia sehat 2010 itu tidak hanya merekonstruksi aspek ixternal individu tapi bagaimana caranya merekonstruksi aspek internal setiap individu.
Contoh Konrit :
1. Merubah pola hidup “tidak menkonsumsi makanan-makanan siap saji, minum air putih minimal 2 lt2 per hari”
2. Memberikan edukasi dan pembinaan yang lebih tepat kepada masyarakat.
3. satu parameter yang mungkin menjadi indikator indonesia sehat 2010 adalah berkurangnya jumlah masyarakat yang menjadi pasien rumah sakit, klinik, terutama untuk kasus jenis penyakit yg sama.

2 02 2009
Yuddi

@Near Syifa
iyah setuju.. kadang indikator itu terlalu golbal dan ga kongkrit…
cuman susahnya juga kalo indikatornya terlalu kongkrit.. bisa kebanyakan indikator ntar :)

salam,
Yuddi

30 04 2009
limpo50

Nampaknya Indosehat2010 hanya isap jempol lagi sebab tahapannya tak pernah beres …sudah habis tahapan satu yang belum rampung, datang tahapan kedua yang nanti nasibnya sama…begitu terus sampai akhirnya dibuat lagi PROYEK baru. Depkes mempraktekkan model beginian sejak jaman Soeharto. Maka hanya generasi muda yang diberi kesempatan yang bisa merubah arah yang keliru ini… kalo tidak maka proyek akan terusss terusan menjadi budaya dan bentuknya hanya TIGA, yaitu Pelatihan, Jalan-jalan dan beli barang.
Sampai kapanpun Indonesia akan begini saja … kalau yang rusak itu diturunkan pada generasi baru.
Semoga ada yang peduli…

29 10 2009
Yuddi

kita tunggu Pak kiprah bu Menkes yang baru..

28 10 2009
alfi lutfiatul

Meurut saya itu memang program yang sangat baik.Namun jika kita melihat byk program2 sebelumnya yang belum atau bahkan tak terealisasi,tak menutup kemungkinan jika program indonesia sehat 2010 juga akan bernasib seperti itu.

29 10 2009
Yuddi

senada dengan komentar yang lain, sepertinya kita semua ragu dengan pencapaiannya.

sebenarnya saya punya rasa penasaran yg lain, bagaimana menkes baru kita menyikapi ini yah.. :)

13 09 2010
Ohgila

Udah 2010 nih….

15 09 2010
Yuddi

udah hampir 2011 malah..

24 09 2010
honesto

misi, ada link ttg indikator indonesia sehat 2010?
thanks :D

9 10 2010
Yuddi

haha.. maap mas nesto .. kok saya lupa yak naruhnya.. tapi seinget saya depkes sudah pernah tuh merilis juknisnya.. monggo di searching.

3 01 2011
2010 in review « Sehat Untuk Semua

[...] Indonesia Sehat 2010 April 2008 17 comments 3 [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s