Arti Kode Plastik

17 08 2009

Disadari bahwa penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari selain memberi manfaat dan kemudahan, juga mengandung bahaya yang tak tampak. Berbagai peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, dan berbagai produk lagi yang erat bersinggungan dengan kehidupan manusia. Agar tidak salah pilih, berikut adalah kode-kode plastik yang telah disepakati oleh para ahli didunia berhubungan dengan faktor keamanan produk plastik tersebut. Tidak ada salahnya (bahkan sangat dianjurkan) untuk memperhatikan tanda-tanda ini demi keamanan saat membeli produk-produk berbahan plastik.

1-PETE. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih • transparan • tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Botol-botol dengan bahan dengan kode 1 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas.

2-HDPE. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti nomor 1 PET, yang ini juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.
Buang botol yang sudah lama akan terlihat kusam atau terlihat baret-baret.

3-V. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

4-LDPE. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan kode #4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

5-PP. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

6-PS. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China.

6 PS-E. PSE (Expanded Polystyrene) agak mirip dengan yang di atas. Tapi yang ini untuk jenis plastik seperti kotak CD, gelas kristal, mainan anak² dan video kaset.

7-OTHER. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate.

Bahkan ada blogger yang dengan kreatif membuat semacam reminder card kecil yang dapat anda download dan anda print kemudian bisa disimpan di dompet atau tas anda dan dapat dibuka sewaktu-waktu :

Semoga bermanfaat!

About these ads

Actions

Information

38 responses

30 05 2010
rika

kode plastik makanan…

30 05 2010
lie

infonya sangat bermanfaat..
tapi terkadang kita membeli botol air mineral untuk di pakai ulang lagi..
Kalo boleh tau botol air mineralnya itu hanya boleh berapa kali pakai saja untuk setiap kode di atas??krn kalo untuk membeli khusus botol minuman dengan tanda yang diizinkan itu membuang uang..tq.:D

30 05 2010
Yuddi

wah saya ga ada informasinya.. nanti dicoba googling..
tapi dari keterangan di atas sudah ada catatannya yg boleh dan tidak b oleh.. mungkin bisa membantu..

29 05 2014
lattena

saya rasa untuk menjaga kesehatan tdk ada kata membuang uang sis.. heheh

31 05 2010
Aa Arul

Terimakasih atas infonya J@di SAYA UdAh TAhu ?”:”}{}{+)**&#~!!^&^_+*(*>?>:”>?<??:"")&^^%^$ SAd2314FDG

1 06 2010
Yuddi

sama2 Aa Arul

22 06 2010
26 08 2010
winda

mau nanya kalo kodenya 2,yaitu 5 dan 7 juga ada kode food grade nya aman gak?terima kasih

6 09 2010
Yuddi

mohon maaf mbak winda, saya kurang begitu paham kalau ada kombinasinya. mungkin bisa ditanyakan ke yang lebih ahli.

29 09 2010
ridho

2 brguna bgt bwt q

mkch z yang dah buat

9 10 2010
Yuddi

amin.. sama2 pak!

6 12 2010
Rumah Adhwa

jarang banget nih perhatiin kode plastik ginian, untuk gelas plastik yang biasa dipake dikantor ternyata berkode 5, berarti aman kan

21 12 2010
Yuddi

Kalau berdasarkan tanda di atas berarti aman .. :)

28 12 2010
Wastu

Saya baru selesai makan PopMie.
Iseng2 saya lihat dibawah kemasan ada tertulis kode huruf 6.
Lalu setelah saya baca blog ini, saya menyesal telah makan PopMie, karena ternyata wadah PopMie berbahaya untuk tempat makanan.
Hal ini terlebih wadah PopMie terkena air panas.
Saya ingin tahu kode berapa yang dipakai untuk wadah PopMie yang dijual di LN?
Mungkin karena di Indonesia, jadi wadah yang dipakai yang tidak layak.

30 12 2010
Yuddi

Maaf saya tidak punya info soal itu, tapi yang saya dengar sudah ada negara2 yang mengurangi penggunaan stereofoam. Ironisnya di Indonesia banyak yang pake bahan serupa, contohnya pedagang bubur ayam di jkt.

3 01 2011
2010 in review « Sehat Untuk Semua

[...] Arti Kode Plastik August 2009 12 comments 5 [...]

22 01 2011
Ummi Satria

thx infonya. btw salah satu botol anakku berkode 7. hiiiii………….

23 01 2011
Yuddi

wah sebaiknya mulai di ganti itu mbak ummi .. berburu bahan lain yang lebih aman.. selamat berburu! :)

29 05 2011
monster kid

matur nuwun….. nice info….

9 06 2011
sohibi

perlengkapan bayi berkode 5, tapi dari segi tampilannya kok kurang meyakinkan ya, lebih aman lagi pake yang beling skalian

20 07 2011
Yuddi

betul pak sohibi, selain itu lebih mudah di sterilkan

5 07 2011
adhe_zhinzhai

good work kwan,,,,, aq bisa share k teman2 akan bahaya plastik,,, n juga mana plastik yg bisa dgunakn dng aman,,,,,1x lg tx

20 07 2011
Yuddi

sama2 kawan..

28 09 2011
satria wr jati

makasih atas infonya, sekarang saya baru faham artinya….
Mari kita gunakan bahan-bahan ramah limgkungan….

28 09 2011
Yuddi

sama-sama pak, semoga bermanfaat..

28 09 2011
Ayu

botol minumku yg produk ****ware.. kodenya 7 hiksssss
thanks infonya

28 09 2011
Yuddi

sama2.. semoga bermanfaat…

22 10 2011
Bhenonly Bhen

makasih infonya, ini sangat membantu..
#peduli sesama

12 02 2012
sugianto

Terimakasih mas infonya sekaligus mohon ijin buat referensi ya….

13 02 2012
Yuddi

sama2 mas, monggo kalau akan digunakan sebagai referensi.

27 02 2013
hafizza ommar

Kalo code 21 mcm mna? i ada beli yg code 21.. itu kategori apa

3 10 2013
Yuddi

kalau menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Recycling_codes kode 21 itu untuk kertas/paper ya? CMIIW

14 09 2013
akhmed

tadi niatnya pengen beli botol buat minum sekolah,, eh pass kedapur dapet tuh botol minum ane yg udah dari kelas satu sma gak dipake, labelnya PP yesss jadi aman deh

makasih infonya gan (y)

3 10 2013
Yuddi

sama2 gan.. senang bila infonya berguna

25 12 2013
suparman hasyim

SAYA MEMBELI KEMASAN UNTU AIR MINUM DI ALFA MART PRODUKSI TECHNOPLAST, MADE IN INDONESIA, , DI BAWAHNYA TERTULIS 5 PP, 6 PS, GAMBAR CANGKIR DAN GARPU. APAKAH BOTOL KEMASAN INI AMAN JIKA DIPERGUNAKAN UNTUK MINUMAN, MAKANAN ATAU AIR PANAS ATAU DINGIN SPT TEH ATAU KOPI?

17 02 2014
Yuddi

Seharusnya, kemasan plastik dengan kode 5 termasuk dalam kategori aman pak.

21 04 2014
azami

bagus sekali infonya, memang mesti perhatian dengan hal ini… sekedar menambahkan, untuk PET sebaiknya tidak digunakan untuk makanan atau minuman hangat dan panas. Yang teraman adalah PP-05. tapi untuk yang menggunakan kode-7(other) ga perlu langsung kuatir, sebab bahan yang masuk dalam other masih banyak jenisnya. Untuk policarbonat memang tidak baik untuk tempat makanan, tapi saat ini juga ada bahan tritan yang masuk kualifikasi 7 (other). Bahan tritan baru ditemukan sekitar tahun 2007. Meskipun masuk kategori 07, bahan ini justru lebih bagus dibanding PP-05 dan aman digunakan untuk tempat makanan dan minuman…

5 05 2014
Yuddi

tambahannya sangat bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s