Biasakan membersihkan karang gigi secara rutin

26 06 2008

Manusia kadang cenderung suka menyusahkan dirinya sendiri, bagaimana tidak? Mereka enggan mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah (bagi yang punya uang lho) untuk kontrol ke dokter gigi atau bahkan membersihkan karang gigi (scaling). Mereka lebih suka mengeluarkan beberapa ratus ribu bahkan jutaan rupiah untuk menambalkan giginya yang sudah terlanjur rusak karena sangat malas ke dokter gigi dengan rutin. Jangan bilang kebiasaan ke dokter gigi hanya urusan orang yang mampu, bahkan di puskesmas dengan 3400 rupiah (tarif di Puskesmas-puskesmas Sleman, Yogyakarta saat ini) anda bisa mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi dan tidak sedikit dokter gigi di puskesmas adalah dokter gigi spesialis.

Karang gigi itu apa sih? Kalau bahasa aslinya sih, disebut calculus, para dokter gigi biasa menyebut dengan kalkulus (setelah di indonesiakan). Seharusnya saya bisa memberikan pengertian kalkulus dari text book, tetapi untuk itu saya harus membuka buku di rumah, jadi sementara saya berikan pengertian kalkulus
dari wikipedia yaitu tumpukan deposit di gigi yang mengalami kalsifikasi, sebagai proses lanjutan dari adanya plak pada gigi. Permukaan gigi yang kasar merupakan empat ideal terbentuknya plak pada gigi dan akhirnya dapat mengancam kesehatan gingiva. Contoh kalkulus pada gigi adalah seperti berikut :

Kalkulus

Perawatan untuk membersihkan karang gigi disebut scaling dan root planning, sering disebut skaling saja karena scaling dan root planning itu satu paket perawatan yang tidak bisa tidak harus dilakukan dalam tingkatan tertentu. Skaling adalah penghilangan jaringan penyakit seperti kalkulus dan lainnya sementara root planing adalah untuk memperbaiki permukaan gigi sehingga tidak terdapat permukaan kasar sebagai tempat untuk mudahnya plak gigi terbentuk. Alat-alat yang digunakan contohnya adalah seperti ini :

scaler

ultrasonic scaler

Sementara cara-caranya seperti ini :

Skaling 1

Skaling 2

Skaling 3

Skaling 4

Rasa ngilu hingga sensasi gigi goyah yang sering timbul pasca perawatan ini adalah hal yang biasa terjadi karena sebelum perawatan gigi tersebut tertutup oleh kalkulus dan saat kalkulus terbuka maka gigi dan gusi (gingiva) harus menyesuaikan kondisi lagi maka timbullah sensasi gigi goyah dan rasa ngilu. Pada pasien lain mungkin juga akan muncul perdarahan. Apabila setelah perawatan gangguan-gangguan ini tidak berkurang, maka sebaiknya segera konsultasikan lagi ke dokter gigi anda. Nah, berhubung kita tidak mampu membersihkan karang gigi kita sendiri apalagi kalau sudah masuk di bagian subgingiva alias di bawah gusi, jadi sebaiknya mulai saat ini membiasakan untuk ke dokter gigi. Saya yakin akan terjadi banyak penghematan dengan kebiasaan ke dokter gigi secara rutin.

NB: Segala foto dan gambar saya kompilasi dari wikipedia dan dari dental gentle care


Actions

Information

234 responses

7 09 2008
yuni

betul banget, mbak. Memang harus rajin bersihin karang gigi.
Kalau ga di bersihin, otomatis kuman2 di gusi dan di dalam gigi, akan ikut masuk waktu kita makan.
Hiii serem kan.
Jadi, harus rajin2 bersihin karang gigi.
Minggu lalu, aku baru bersihin karang gigi di ladokgi, dokter nya asli ramah & sabar, secara gw takut banget ke dokter gigi.
Oke deh, salam kenal yah

7 09 2008
Yuddi

@Yuni
saya mas, bukan mbak :)
Yang berbahaya lagi kalau masuknya melalui pembuluh darah yg ada di dalam gigi. Bisa bakterimia dll ..

Mudah-mudahan udah ga takut lagi ke dokter gigi :)

13 11 2008
IraRa

Hai,, salam TS

Mas Yudhi dari FKG mana?

katherinearta.wordpress.com

13 11 2008
Yuddi

Hai Irara…
Saya masih kuliah di FKG UGM. hehehe.. udah veteran nih :D

6 01 2009
put

permisi,,,
saya tuh takut bgt e ke dokter gigi, karna zaman dahulu kala wktu masih kecil tiap ke dokter gigi mesti dicabut giginya ,,,
hmmm sakiiiit banget,,
jadi trauma deh,,
dan lama gag ke dokter gigi ,,sekarang gigi ku udah parah bgt,karang dimana-mana, lubang jg ada//
mau ke dokter gigi malu e gigi udah kayak gni,,
tar kalu ke dokter gigi diketawain gag ya???
bersihin karang gigi mahal gag ya?hehe
kalau lubang pada gigi tuh giginya musti dicabut?solusi laen apa ya?
dah ini dulu ajh tanyanya bsuk lg deh ,,,
makasihh banget ya>>
tolong bgt djwab,problematika ku yg ber tahun-tahun,hehehehe
makasih . . makasih . . makasih . .

6 01 2009
Yuddi

@Put..
Terima kasih atas kunjungannya…
Wah, seharusnya Put beruntung memiliki orang tua yang “aware”. Buktinya sejak kecil sudah mencabut gigi ke dokter gigi. Kalau saya dulu malah dicabut pakai benang jahit saja seandainya gigi saya goyah…

Setau saya tidak ada dokter gigi yang menertawai apapun kondisi mulut pasiennya (walau jujur saja kadang pasti ada saja dokter gigi yang terlintas pikiran semacam “duh pasien gw ini udah berapa lama ga bersihin karang gigi”).

Membersihkan karang gigi mahal atau tidak itu tergantung lokasi dan investasi dokternya. Tidak ada semacam “daftar tarif” untuk dokter gigi yang praktik swasta. Kalau Put ingin tarif yang jelas sebaiknya ke FKG terdekat atau Rumah Sakit saja yang memiliki daftar tarif.

Bila ada lubang pada gigi? Sebisa mungkin gigi tersebut dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan. Akan tetapi biasanya pasien tidak sabar karena harus beberapa kali melakukan kunjungan ke dokter gigi atau bisa juga karena biaya yang menjadi sangat mahal, hingga akhirnya memilih dicabut saja. Padahal, bagaimanapun keadaannya, gigi asli itu (walau sudah ditambal) jauh lebih baik dibanding gigi palsu.

Mudah-mudahan menjawab problematikanya yah Put.

3 02 2009
Saut

Mas Yudhi, kalo proses bersihin karang gigi itu sakit ga??
Thx b4

4 02 2009
Yuddi

@Saut
Selama proses peradangannya tidak hebat, jarang sih pasien yang merasa kesakitan. Kecuali pada daerah-daerah gusi yang mengalami peradangan atau ada penyakit lain.
Jadi, kalau rongga mulut pasien benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi penyakit tertentu, hampir tidak ada pasien yang kesakitan saat di bersihkan karang gigi.
Sensai yang sering muncul biasanya sensasi ngilu karena permukaan email yang tadinya tertutup kalkulus (karang gigi) tiba-tiba terbuka membuat gigi jadi sedikit sensitif, tapi biasanya tidak berlangsung lama. Kalau ngilu berlangsung lama dan masih ada sakit sebaiknya segera kembali ke dokter giginya ..

Salam,
Yuddi

5 02 2009
aris_ns

ia nih,saya aris umur saya skitar 21th, saya mempunyai keluhan tentang gigi saya!yang cenderung item krna!kebiasaan saya yang suka merokok&kopi apakah kebiasaan saya itu bisa mengakibatkan gigi saya RUSAK atau KEROPOS utuk Mas Yudi TRIM’s

6 02 2009
Yuddi

@mas aris
Wah… sebenernya bukan kompetensi saya menjawab, tetapi baiklah akan saya coba sedikit yah mas.

Yang pertama soal perubahan warna pada gigi. Diyakini bahwa merokok menyebabkan perubahan warna pada gigi (stain) karena noda rokok dari hasil pembakaran itu lama kelamaan dapat masuk ke dalam email gigi, sehingga menyebabkan noda tersebut susah dihilangkan. Demikian juga untuk kopi dan/atau teh dapat mengakibatkan perubahan warna. Akan tetapi hal ini dapat dicegah tentunya dengan rajin ke dokter gigi walau tidak sakit gigi paling tidak 6 bulan sekali, bahkan pada perokok berat sebaiknya lebih sering.

Semoga sedikit menjawab pertanyaannya.

Salam,
Yuddi

26 02 2009
wll

klo gigi tiba2 keropos tanpa rasa sakit itu knp ya???
keroposnya tuh sperti bopak gituuu….
ang

27 02 2009
Yuddi

@ wll
Keroposnya perlu dilihat dulu, apakah memang emailnya memang tipis atau bagaimana. Kalau tiba2 seperti bopak itu ada kemungkinan pecah saat menggigit benda keras atau terbentur sesuatu..

12 03 2009
dwi

salam kenal mas, saya ada masalah dengan gigi dan mau bertanya ama mas;
1. saya sering mengalami pendarahan dari gusi depan, tetapi saya tidak merasa sakit. apakah ini berbahaya atau tidak?
2. kalo perawatan gigi gtu biaya sampe brpa sih?
maturnuwun.

19 03 2009
Yuddi

@dwi
waduh.. perdarahan spontan itu biasanya memang ada peradangan di gusi, bisa karena penyebab lokal seperti adanya karang gigi yang masuk di antara gigi dan gusi atau bahkan penyebab lain yang lebih kompleks (hormonal misalnya). Saran saya kalau memang sudah seperti itu sebaiknya periksa ke dokter gigi deh.
kalau soal biaya menurut saya kok sangat relatif yah bergantung wilayah. Hanya saja saran saya semakin sering dwi periksa/kontrol ke dokter 1-2 kali dalam setahun, Insya Allah justru biaya perawatan gigi akan bisa ditekan.

salam,
Yuddi

14 04 2009
tha

Mas di leher saya terdapat benjolan kata dokter saya harus pergi ke dokter gigi untuk diperiksa. Memang gigi saya saat ini mengalami rasa ngilu dan saya mempunyai gigi yg ditambal. Apa hubungan benjolan tersebut & apakah saya perlu membersihkan karang gigi lalu kira2 berapa tarif membersihkan karang gig tersebut? Terima kasih

15 04 2009
Yuddi

@Tha
Ada kemungkinan setelah memeriksa kondisi rongga mulut kemudian dokter menduga ada fokal infeksi (focal infection) dari rongga mulut yang mengakibatkan terjadinya benjolan tersebut.

Mengenai apakah harus dilakukan scaling (pembersihan karang gigi) itu merupakan keputusan dokter gigi yang memeriksa setelah melihat kondisi rongga mulut secara langsung. Kalau soal biaya, seperti yang sering saya sebutkan di atas, sangat bergantung pada banyak hal. Tetapi intinya semoga segera diperoleh kesimpulan dan ditegakkan diagnosa atas benjolan yang ada.

29 04 2009
ari

oooo………….tapi,kira2 tarif ngebersihin karang gigi brapa?rata2 aja?boleh di kasih tau contoh RS!

29 04 2009
Yuddi

@ari
Mohon maaf sekali saya tidak bisa memberi info yang akurat soal tarif scaling dengan alasan yang sama seperti yang saya sampaikan di komentar sebelumnya. Terima kasih.

4 05 2009
Mahdi

selamat siang…saya mau tanya nih…
Gigi saya banyak skali terdapat karang gigi…terkdng klo sikat gigi terjadi pendarahan…apakah karang gigi saya dah termasuk parah atau lum?…saya jadi khawatir…dulu saya emang ga rajin untuk membersihkan gigi…karang gigi sangat mengganggu penampilan…membuat minder klo lagi senyum…
kira2 klo scalling itu biasanya sekali datang kedokter gigi langsung bersih atau mesti datang lebih dari sekali baru akan bersih karang giginya?…
btw scalling itu ga mahal kan?…
thanks…

8 05 2009
Yuddi

@Pak Mahdi
Benar sekali, ada kemungkinan perdarahan itu akibat karang gigi yang mungkin sudah banyak terutama di bagian dalam gusi (subgingiva) yang tidak terlihat dalam pandangan visual biasa.

Pada beberapa kasus ringan, scaling bisa kok dilakukan hanya dengan sekali kunjungan, walau ada beberapa yang diharapkan datang kembali untuk kontrol.

Harusnya scalling yang biasa tanpa ada komplikasi itu relatif tidak mahal kok, tetapi untuk lebih jelasnya Pak Mahdi bisa ke dokter gigi atau Rumah Sakit Gigi dan Mulut terdekat.

14 10 2009
purwanto

dokter gigi saya bilang saya kalkulus gigi…

berbahaya tidak!! bagaimana cara mengatasinya….
saya disuruh scaling dulu? terus kira2 setiap berapa kali saya harus ke dokter gigi..trims

14 10 2009
david

berbahayakah kalkulus gigi….

setelah di scaling apa gigi menjadi putih, kemudian apa kita setelah scaling harus di scaling tuk yang kedua kali…

15 10 2009
Yuddi

@ Purwanto/david (org yang sama kan? he he)

Kalkulus gigi itu merupakan nama lain dari karang gigi (definisinya sudah saya jelaskan sekilas di atas kan).

Berbahaya atau tidak? tentunya ini sangat mengganggu, dapat menimbulkan radang bakan perdarahan pada gusi.

Scalling merupakan cara untuk menghilangkan karang gigi (kalkulus). Mengenai frekuensi yang dianjurkan memang 1-2 kali setahun. Tetapi pada pasien dengan kecenderungan mudah terbentuk karang gigi disarankan untuk lebih sering. Scalling itu bukan untuk memutihkan gigi, hanya menghilangkan karang gigi.

10 12 2009
atik

boleh minta langkah langkah yang lebih detail gak cara bersihkan karang gigi m’gunakan scaler electric??????????????

11 12 2009
Yuddi

setahu saya biasanya untuk cara2 menggunakan scaller electric sudah ada di manual alat ybs. atau kalau memang dibutuhkan bisa lewat japri ke email saya : yuddi.p.utomo@gmail.com

24 01 2010
vini

Selamat malam maaf mengganggu, mas mau tanya…puskesmas sleman itu dimana lokasinya??kalau karang giginya banyak bisa dibersihkan semuanya g mas prosesnya lama g??terus kalau ada tumbuh gigi diluar tempatnya kaya gigi gingsul tapi giginya tumbuh didekat langit2 mulut itu berbahaya g??????Terima kasih

1 02 2010
Yuddi

@Mbak Vini
sleman itu kan salah satu kabupaten di Propinsi DI Yogyakarta, jadi yah kalo dengan asumsi 1 kecamatan ada 1-2 puskesmas (puskesmas pusat dan pembantu) sudah ada beberapa lokasi tuh? Nah Mbak Vini ada di wilayah mana? Mungkin untuk membantu bisa membuka direktori puskesmas di DIY lewat website kementrian Kesehatan RI : http://www.depkes.go.id

Nah kalo proses membersihkan karang gigi, lama atau sebentar itu tergantung berat atau tidaknya kasusnya. Bisa lama bisa sebentar (biasanya antara 30 menit sampe 1 jam, tapi bisa juga lebih lama)

Soal gigi yang tumbuh tidak pada tempatnya, biasanya sih tidak berbahaya. Akan tetapi pada beberapa orang dirasa mengganggu, dan kalau mengganggu bisa dicabut, atau dikoreksi dengan perawatan orthodonsi saja alias pake kawat gigi. Tapi seberapa jauh perawatan terbaiknya tetap harus dilihat oleh dokter gigi loh Mbak.

Salam,
Yuddi
Semoga jawabannya cukup memberi pencerahan. Terima kasih.

27 02 2010
Syifa

Misii mas.

Saya mo tanya, belakangan saya perhatiin timbul plak di batas gusi ke gigi. Truz kadang* gusi saya itu rada membengkak. Itu bahaya gak? Sebenernya gigi saya kenapa?

Truz terang emang malez banget ke dokter gigi semenjak pencabutan gigi terakhir,,

makasii

5 03 2010
Yuddi

Membengkaknya seperti apa? apakah disertai perdarahan spontan saat sikat gigi? mungkin perlu dilihat dulu bagaimana. Namun, ada kemungkinan karang gigi yang terbentuk sudah pada tahap segera harus dibersihkan alias discaling karena sepertinya di bagian akar gigi yang tertutup gusi juga sudah terbentuk karang gigi dan sebaiknya Mbak Syifa segera ke dokter gigi.

18 03 2010
andre

mas kalo hilangkan gigi karang ya apa masak pakai alat pake obat trasional ada gkkkk

21 03 2010
Yuddi

Wah saya kok belum pernah tau ada obat tradisional yang menghilangkan karang gigi..
Mungkin ada sumber lain.. kalo bisa berbagi di sini :)

30 04 2010
del

mas kalo bersihin karang gigi berapa yah…………..

30 04 2010
Yuddi

pastinya beda lokasi beda tarif mas, lokasinya dimana?

6 05 2010
nana

Permisi..
Sy mau nanya ,
saya baru aja cabut gigi belakang yg kata dokter sy itu polip ..
trus sy mau scaling,
itu berbahaya gak?
trus,
pake suntik suntik juga gak sih??

6 05 2010
Yuddi

apanya nih yang berbahaya? polipnya atau scalingnya?
scalingnya aman kok, ga perlu pake suntik2an.
akan tetapi sebaiknya menunggu bekas cabutannya bersih juga boleh walaupun sebenernya ga ada masalah.

8 05 2010
nana

bekasnya bersihnya kapan mass.
2hari , 3hari gitu ya?

10 05 2010
Yuddi

maksud saya bersih itu sembuh, lukanya menutup.. begitu :)
biasanya butuh beberapa hari sampe beberapa minggu.

tapi sebaiknya kalau emang pengen scaling, langsung ke dokter gigi terdekat ajah..

14 05 2010
Rudi

Mas yuddi, salam kenal..
Saya lagi baca2 tentang karang gigi nih, eh nyasar ke blog nya Mas Yuddi..

Ikutan nanya dong, Kalo scalling gigi yang pake ultrasonic gt apa benar lebih bagus dari pada manual scalling ya? Biaya Rata2 beapa ya Mas?

Rencananya saya mau di scalling, tp dari beberapa teman yang udah dibersihin karang gigi nya, ktnya setelah discalling giginya berasa banyak lubangnya. Apa itu normal mas?

Yang terakhir, dengan scalling ini, apa gigi bisa tanggal ya? soalnya gigi seri bawah saya udah goyang..

Terima kasih sebelumnya mas Yud.. :)
Kalo bisa dijawab juga via email saya yaa..

15 05 2010
Yuddi

Salam kenal juga Mas Rudi

Dalam penggunaan yang sesuai standar beda ultrasonik dan manual sebenernya tidak terlalu berbeda. Hanya memang dengan ultrasonic scaler, perawatan jadi lebih cepat, tentunya pasien jadi nyaman dibanding dengan manual scaling yang biasanya lebih lama waktu perawatannya. Biayanya bervariasi Mas, saya tidak bisa jawab biaya rata-ratanya. Tetapi biasanya biaya scaling itu dibagi menjadi biaya per rahang (rongga mulut kita terdiri dari rahang atas dan bawah) atau dibagi per regio (rongga mulut kita dibagi menjadi 4 regio

“Sensasi” berlubang pasca scaling itu biasanya ditimbulkan karena beberapa sebab :
– kalkulus (karang gigi) yang banyak sampe ke celah antar gigi sehingga ketika kalkulusnya dibersihkan pasien merasa giginya goyah dan ada celah seperti berlubang pada bagian tersebut.
– gigi pasien memang sudah berlubang namun selama ini tertutup karang gigi, sehingga setelah dibersihkan menjadi terbuka lubangnya.
Nah.. teman Mas Rudi masuk kategori yang mana nih…

Berhubungan dengan jawaban di atas, memang ada kemungkinan dirasakan gigi seperti goyah setelah scaling, namun ini hal yang tidak perlu dikhawatirkan karena dalam proses waktu jaringan periodontalnya akan membuat gigi menjadi tidak goyah lagi. Apabila tetap goyah, gigi dapat dirawat dengan metode “splinting”

Begitu ya Mas Rudi saya jawab semampu saya, mungkin nanti ada yang menambahkan atau mengkoreksi..

Salam,
Yuddi

18 05 2010
gupta

Halo Mas Yuddi,

mau tanya sedikit, apabila seseorang terlalu bersemangat membersihkan gigi (karena takut karang gigi), apakah ada kemungkinan lapisan email secara eksesif hilang (karena abrasi)? Kalau ya, apa secara visual bisa terlihat? Kalau sudah kejadian, apakah ini berarti utk selamanya? Atau ada mekanisme alami pembentukan email baru? Bila tidak, apakah ada cara pemberian lapisan email buatan?

terima kasih :)

19 05 2010
Yuddi

Waduh.. ngetes ni euy.. ha ha ha.. saya coba jawab setau saya yah.. mudah2an nanti ada yg melengkapi.

Email itu dibentuk sedemikian rupa hingga tahan terhadap gesekan, akan tetapi pada penggunaan bulu sikat yg sangat keras hingga penyebab kimiawi lainnya, lapisan email dapat menipis. Biasanya penipisan email itu salah satunya ditunjukkan dengan rasa ngilu/sensitif. Penipisan email juga bisa dilihat dari warna gigi yg lebih opak, bisa juga rada burem. Walaupun perubahan warna ini tidak selalu indikasi terjadi penipisan email, bisa juga karena penyebab lain.
Sejauh ini saya belum pernah membaca penelitian yg membuktikan bahwa email dapat dibentuk kembali pada usia dewasa/tua. Pada pasien dengan email yg tipis atau sensitif biasanya di lakukan perawatan dengan ditutup menggunakan bahan2 tertentu (prosesnya seperti proses tambal gigi).

Nah, mudah2an cukup menjawab.. atau kalau ada jawaban saya yg kurang pas, mungkin nanti ada teman yg lebih paham akan menambahkan atau bahkan mengkoreksi jawaban saya.

19 05 2010
gupta

Wah terima kasih atas quick reply-nya Mas :)
Nggak ngetes kok, cuma dari dulu ini kepikiran di kepala saya :)

Salam

20 05 2010
dina

mas, gigi saya ini masih berlubang, kalau mau scaling bagaimana ya? apakah harus di tambal dulu baru scalling, ato bagaimana?
mohon saran nya..trims

22 05 2010
Yuddi

scaling dulu gpp kok, malah pada beberapa kasus tambalan disarankan untuk scaling dulu.

9 06 2010
pedro

Salam kenal Mas Yudi..
6 bulan yang lalu terakhir saya melakukan scaling..sebetulnya sekarang karang gigi sy blm banyak. tapi tapi ada muncul bintik-bintik kecil dibagian atas (penampang). kemudian sensasi mulut tidak segar sudah mulai terasa. pertanyaan saya apakah sudah sebaiknya sy melakukan scaling lagi?? karna teman sy bilang harusnya setahun sekali lebih baik. mohon jalan keluarnya mas…
terimakasih

9 08 2010
Yuddi

Mas Pedro
Sebaiknya mungkin memang scaling itu 2-3 kali dalam setahun. Jadi kalau 6 bulan lalu scalingnya, boleh kok kalau mau scaling lagi.
Mengenai bintik-bintik kecil, ada kemungkinan itu mulai tumbuh karias pada permukaan gigi, sebaiknya juga dikonsultasikan ke dokter gigi agar pertumbuhan kariesnya tidak menyebar.
Sensasi mulut yang kurang segar bisa disebabkan karena faktor lain, misalnya mulut kering atau ada sebab-sebab sistemik lainnya. Namun apabila memang tidak merasa memiliki gangguan sistemik mungkin karena mulut kering atau mungkin ada gigi yang berlubang besar sehingga ada aroma khas dalam hembusan nafas.
Mudah-mudahan bermanfaat yah Mas.

22 06 2010
icha

mas yuddi, setelah saya membaca coment diats bahwa gigi berlubang harus dipertahan kan sekalipun di tambal, saya jadi ingat bahwa gigi graham saya yang berlubang karena sering di tambal dan sering sakit, saya memutuskan untuk di cabut. sekarang saya berfikir untuk memakai gigi palsu, tp yang permanen. saya mau bertanya prosedur gigi tsb, apakah akar gigi masuk kedalam gusi?? ada efek samping nya tidak, kalau untuk berpergian naik pesawat yg terlalu sering ?? thankyou

9 08 2010
Yuddi

Mbak Icha,
Ada beberapa pilihan perawatan, diantaranya crown and bridge dan implant.
Untuk crown and bridge nanti akan dibuatkan 1 unit gigi tiruan yang akan ditempelkan pada gigi-gigi di sebelah bagian yang sudah tidak bergigi.
Kemudian untuk implant, memang nanti ada semacam Pin logam yang akan ditanam ke dalam rahang, baru kemudian dibagian mahkotanya dibuatkan mahkota gigi tiruan.
Sejauh ini tidak ada masalah dengan kondisi dalam penerbangan kok. Silahkan menghubungi dokter giginya untuk konsultasi lebih lanjut, atau mungkin ke dokter gigi spesialis prostodonsia.
Semoga bermanfaat..

3 07 2010
Tri

Mlm mas sy lg lihat blognya mas ni lg ngbahas ttg gi2 sy jd ingin brtanya :mas gigi sy tumbuh d samping gigi sy yg berada di langit2 mulut dan sy ingin mencabutnya apakah berbahaya? Dan klo stlah membersihkan karang gigi trasa ngilu n gigi goyah dpt hilang brp hari?.trims by tri bls k email sy y mas sy tggu

9 08 2010
Yuddi

Mas Tri
Kalau tidak ada kelainan, biasanya pencabutannya tidak berbahaya. Akan tetapi memang sebaiknya diperiksa dengan seksama sebelum diputuskan untuk dicabut.
Ngomong-ngomong, perkembangan iptek di kedokteran gigi juga sudah memungkinkan kok untuk perawatan gigi yang tumbuh seperti itu dan dikembalikan ke dalam lengkungnya dengan perawatan orthodonsi.
Untuk lebih jelasnya perawatan apa yang dibutuhkan Mas Tri bisa langsung konsultasi dengan dokter gigi nya.
Mengenai gigi linu dan goyah biasanya tidak butuh waktu lama kok mas, biasanya beberapa hari hingga 1 minggu sensasi linu dan kegoyahan bisa hilang.
Semoga bermanfaat mas!

4 07 2010
stawberryasem

Halo mas yudi,
mungkin ini ga ada kaitannya sama scaling ya. sy mw nanya masalah laser whitening teeth. Nah itu kira2 biasanya biaya per rahang nya brp?

9 08 2010
Yuddi

Waduh, kalau soal biaya mungkin sebaiknya ditanyakan langsung ke dokter gigi atau fasilitas pelayanan kesehatan gigi terdekat yah Mbak. Banyak faktor yang mempengaruhi tarif yang dikenakan oleh dokter gigi Mbak.

21 07 2010
valerie ultima

kan aku ud di brsihin tu karang giginya, kok ada rasa gresek” gitu yah?
ntu gpp kan ya?

9 08 2010
Yuddi

Itu gpp kok Mbak, kalau mau lebih yakin mungkin perlu kontrol kembali ke dokter gigi yang melakukan scaling nya.

9 08 2010
rini

mass yudii,gigi saya mungkin termasuk yang paling parah karna sudah byk gigi yg berkarang,dan gigi saya yg berkarang itu sudah mulai goyang+ gusi yang membengkak terus…?? kira2 klw ke dokter gigi masih bisa diobati ga yah??

9 08 2010
Yuddi

Masih bisa kok Mbak Rini, jangan ragu-ragu dan jangan ditunda untuk ke dokter gigi.
Nanti setelah dibersihkan karang giginya juga jangan malas untuk terus kontrol sampai kegoyahan giginya tertangani dan sembuh.
Apabila ingin mendapatkan perawatan yang lebih spesifik, Mbak Rini bisa konsultasi ke dokter gigi spesialis periodonsia yang khusus menangani keluhan Mbak Rini.
Semoga cepet sembuh!

4 09 2010
slamet

yang benar nich biaya 3400 saya mau priksa takutnya kalau biaya diatas 100rb trims

6 09 2010
Yuddi

Saat artikel ini ditulis memang tarif karcis dan konsultasi di puskesmas-puskesmas di wilayah kab sleman seperti itu. Tentunya kalau sudah ada tindakan medis lebih lanjut, akan ada tarif tambahan.

7 09 2010
Cempaka

Permisi,,Mas yudi,,saya mau brtanya.. Kmrn saya bru k drg priksa gigi saya,trnyata kta drg di 2 gigi graham yg bolong (kiri bawah & kanan atas) trdpt polip gingiva.. Saya dsarankn utk di cabut gigi saja. Apakah tdk ada solusi lain y,,mas?? Msh bs di tmbal tdk??Krna kta drg sdh parah.bru d sntuh dgn kapas saja sdh sakit sekali rasanya.. Saya sbnrny tkt skali di cabut gigi krn gigi graham saya yg bolong & ada GP nya itu tdk trlalu goyang. Saya slma ini tdk bs menikmati makanan krn skt skali saat mengunyah. Trma ksh sblmnya ats jwbn & pnjelasannya nya..

10 09 2010
Yuddi

Rasa sakit yang ditimbulkan bagaimana? apakah sakit pada gingiva(gusi)? atau pada gigi nya? Mungkin rasa sakit tersebut perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya serta letaknya.
Memang ada perawatan selain pencabutan, tetapi juga tetap mempertimbangakan kondisi gigi yang masih tertinggal, dan jaringan di sekitarnya mendukung atau tidak. Biasanya dibantu dengan foto ronsen sebagai alat bantu melihat kondisi itu semua, selain pemeriksaan secara langsung tentunya. Kalau syarat-syarat untuk dilakukan restorasi gigi terpenuhi, kemungkinan besar gigi gerahamnya bisa dikembalikan ke bentuk semula. Untuk lebih jelasnya memang harus ke dokter gigi, atau bahkan ke dokter gigi spesialis konservasi gigi.
Apabila memang pencabutan adalah jalan terakhir, masih ada perawatan prosthetik yang bisa dilakukan agar giginya tidak “ompong”

Mudah-mudahan jawaban saya membantu, mungkin tidak bisa tepat sekali karena untuk memberikan gambaran perawatan yang jelas diperlukan pemeriksaan yang lebih teliti. Sebaiknya segera menghubungi dokter gigi.

Semoga lekas teratasi masalah giginya :)

9 10 2010
amana

permisi mas yudii..
saya mau tanya..
gigi saya ada yg lubang & skrg sdg melakukan perawatan rutin..katanya skrg dlm tahap steril 2 dan setelah itu terakhir penambalannya.. tetapi belakangan ini saya perhatikan,dua gigi d sebelah gigi saya yg berlubang..ad plak d batas gusi & gigi.. apa itu karang?
padahal sblumnya ga ad,apa itu gara2 prawatan itu mas?
dan wkt sikat gigi.. gusi saya rasanya sakit & ada darahny?
makasi ya mas..mohon d bls via email saya jg ya mass yudi..
maturnuhun :)

9 10 2010
Yuddi

@amana
Saya belum berani memastikan apakah itu plakatau karang gigi (plak dan karang gigi adalah 2 hal yang berbeda). Tetapi saya hampir yakin kalau itu bukan efek dari perawatan. Mungkin memang itu karang gigi kalau melihat tanda-tanda berdarah saat sikat gigi. Saran saya, sebaiknya ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi (scaling) agar lebih yakin. Semoga lekas sembuh dan semoga perawatan saluran akar gigi nya sukses :)

15 10 2010
yono

sblm ny slm knl mas..,
mau tny” ni mas.., sy kn pny mslh gi” geraham yg brlubng d rahang bwh knn dan kiri skrng tnggal akar ny.., yg ingin sy tny kn :
1 apa ad efek ny jk sy mncbut 2 gi” graham sekaligus dan mnggantikan dg gi” palsu..,

16 10 2010
Yuddi

Mas Yono, sebaiknya pencabutannya bertahap, sisi kanan dulu atau sisi kiri dulu. Setelah sisi yang dicabut terlebih dahulu sembuh, baru dilanjutkan dengan sisi yang lain.
Apakah yang dimaksud menggantikan dengan gigi palsu ini adalah setelah dicabut langsung dipasang gigi palsu (immediate)? Bisa saja, selama tidak ada komplikasi dari pencabutan tidak akan ada masalah. Hanya sebaiknya setelah luka pencabutan sembuh, diganti dengan gigi palsu yang sudah disesuaikan dengan jaringan periodontal yang ada/kondisi gusi pasca pencabutan.

29 10 2010
alan

hbs ngebersihiin karang gigi kok sy diselimuti rasa ketakutan yang berkepnjangan dok soalnya sy takutnya gigi sy yg depan udah renggang n agak goyang dikit jadi takutnya copot…hbs dibersihiin karang gigi emang gitu??? soalnya akar gigi mulai nampak n gusi jd nyusut emang kayak gitu ya? ada kemungkinan gusi itu menutupi kembali akar / dinding gigi yang keliatan?

29 10 2010
alan

dok sy hbs bersihiin karang gigi baru seminggu umurku 27 tahun, agak aneh rasanya soalnya dinding/akar gigi kok keliatan ya & gigi jadi longgar yang depan.jadinya mau makan jadi takut dok bisa gigi jadi copot. bisa ga ya dinding/akar gigi yang keluatan itu tertutup kembali ama gusi kita ga ya? n berapa lama waktu gusi …menutup dinding/akar tersebut..bisa tertutup semua atau hanya brapa persen aja dok thnks ya???

30 10 2010
alan

dok sy hbs bersihiin karang gigi baru seminggu umurku 27 tahun, agak aneh rasanya soalnya dinding/akar gigi kok keliatan ya & gigi jadi longgar yang depan.jadinya mau makan jadi takut dok bisa gigi jadi copot. bisa ga ya dinding/akar gigi yang keliatan itu tertutup kembali ama gusi kita ga ya? n berapa lama waktu gusi menutup dinding/akar tersebut..bisa tertutup semua atau hanya brapa persen aja dok thnks ya???

31 10 2010
alan

dok sy hbs bersihiin karang gigi baru seminggu umurku 27 tahun, agak aneh rasanya soalnya dinding/akar gigi kok keliatan ya & gigi jadi longgar yang depan.jadinya mau makan jadi takut dok bisa gigi jadi copot. bisa ga ya dinding/akar gigi yang keliatan itu tertutup kembali ama gusi kita ga ya? n berapa lama waktu gusi …menutup dinding/akar tersebut..bisa tertutup semua atau hanya brapa persen aja dok thnks ya???

21 12 2010
Yuddi

Maaf, mungkin terhambat beberapa lama jawabannya.
Pada dasarnya proses menutup gusi secara alami disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu dan tingkat keparahan resesi ginggiva-nya (gusi menurun).
Namun apabila tidak dapat menutup semua, mungkin bisa di coba dengan massage gingiva (massage gusi) atau bahkan operasi untuk menutupnya.
Dalam kondisi normal kemungkinan saat ini sudah membaik setelah scaling beberapa waktu.

13 11 2010
Minoz

Saya mau tny mas,
apa saja bhaya/resiko dr scaling?

21 12 2010
Yuddi

Pada pasien normal, hampir tidak ada resiko.
Resiko akan meningkat biasanya pada pasien dengan penyakit sistemik, seperti jantung, hipertensi, maupun diabetes, atau pasien dengan gangguan perdarahan (leukemia dll).

27 11 2010
yulia gandhi

Selamat siang mas yudhi,,,

sdh lama sekali saya tidak pernah sakit gigi, tapi belakangan ini sakit gigi menimpaku, ada lubang di slah satu gigi geraham saya.. dan satu hal lagi.. ternyata karang gigi ini menggangu,, sudah lama ada niatan pengn berkunjung ke dokter gigi, tapi dengan alasan takut sakit & mahal juga.. jadinya selalu ngurungkan niat itu…
gmn ya mas yudhi cara mengatasi nya??

trims buat mas yudhi

21 12 2010
Yuddi

mengatasi rasa takutnya.. mungkin mbak yulia bisa baca tulisan saya di blog ini tentang tips berobat ke dokter gigi..
keluhan yang timbul menunjukkan sudah saatnya rasa takut diatasi..
kalau soal biaya, jangan segan untuk bertanya kepada dokter gigi soal biaya perawatan yang akan dijalani.

semoga saat ini rasa takut sudah teratasi dan sudah ke dokter gigi untuk scaling dan menambalkan gigi nya.

3 01 2011
2010 in review « Sehat Untuk Semua

[...] Biasakan membersihkan karang gigi secara rutin June 2008 73 comments 4 [...]

6 01 2011
fuji

selamat siang…mas gigi bawah saya 2buah itu ud
dipenuhi karang gigi….saya takut klo karang giginy dibersihin
nanti malah gigi saya putus…gigi bawah saya jg mengalami perengagangan
karena beberapa tahun lalu saya sempat mencabut gigi belakang..
mohon masukanny mas…..trus klo di deket ugm ada rekomendasi kemana tuk bersihin karang gigi,,,yang murah n terpercaya..
makasi mas…ditungguu….

13 01 2011
Yuddi

Fuji,
mungkin kalau memang karang giginya sangat banyak bahkan sampai masuk ke area di bawah gusi, pada beberapa pasien setelah dibersihkan memang sedikit terrjadi kegoyahan sampai beberapa hari. Tetapi itu tidak selalu terjadi, dan seandainya gigi-nya baik-baik saja, tidak akan terjadi sampai “putus” seperti yang fuji bayangkan. (Mohon maaf saya sendiri tidak tau makna “putus” yang fuji maksudkan, hanya mencoba menebak)
Kalau jarak antar gigi yang meregang kemungkinan disebabkan karena pergerakan gigi ke area yang tidak bergigi, sehingga terjadi peregangan.
Untuk scaling di sekitar UGM, bisa ke RSGM Prof Sudomo di FKG UGM, disana ada Klinik Pelayanan Umum, Klinik Pendidikan (Koass dan Spesialis), dan Klinik Spesialis.

23 01 2011
irvan

Assalamu’alaikum.mas aq maw nanya.emang gigi saya bnyak trdpt karang gigi yg dh mnjlar ke mna2,dan gusi krap b’drah.apakah ini yg mnybbkan nafas saya jd kurang enak y?apkah dng scalling bsa membuat nafas saya segar kembali?tlong pnjlasan.x y mas. nuwun wassalamu’alaikum

23 01 2011
Yuddi

Waalaikum salam..
Karang gigi memang membuat deposit sisa-sisa makanan jadi mudah menumpuk, apalagi kalau cara menyikat giginya belum benar. Akhirnya deposit makanan itu bisa membusuk, dan mempengaruhi bau mulut juga. Karang gigi pun bisa memicu gusi mudah berdarah.
Bau mulut memang tidak semata-mata karena ada/tidaknya karang gigi, namun tentunya scaling bisa meningkatkan status kesehatan mulutnya kemudian setelah scaling nanti di evaluasi kembali. Demikian Mas Irvan semoga bermanfaat.

28 01 2011
rinta

Ass. Mas.., blog na informatif banget ..!
boleh dibantuin doung!
Ak termasuk males rawat gigi, kira-kira proses scalling butuh brapa kunjungan ke dokter gigi ? scara diusia 30 an ni lum pernah skalipun scalling. Perlu diketahui klo sikat gigi sdh pasti busa pasta gIgi tercampur darah.
Trims bantuannya.
Wass.

28 01 2011
Yuddi

Waalaikum salam Mbak Rinta,
Berdarah saat sikat gigi bisa saja disebabkan pemilihan sikat (bisa karena bentuk, bulu sikat yang tarlalu keras), atau mungkin cara menyikat giginya kurang benar. Selain itu bisa juga karena kalkulus (karang gigi) yang belum pernah discaling atau mungkin ada sebab lain yang harus diperiksa langsung oleh dokter gigi nya.
Untuk scaling dengan kasus ringan biasanya cukup 1 kali kunjungan. Kemudian sekitar 1 minggu kembali untuk kontrol melihat kemajuan hasil scalingnya.
Mudah-mudahan membantu yah..

26 02 2011
Indah

Nggak sengaja saya lagi cari2 artikel ttg karang gigi n baca and baca artikel ini, saya termasuk yang punya mslah karang gigi dan menurut saya akut…
boleh tahu nggak alamat scaling yang Mas sebutkan di UGM itu sebelahmananya atau jalan apa maklum saya bukan mahasiswa UGM jd nggak ngerti. Makasih ya… mohon bantuannya.

26 02 2011
Yuddi

Mbak Indah,
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof. Sudomo itu lokasinya di Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Jl. Denta, Sekip Utara. Mungkin lebih mudah kalau dari RS Sardjito lokasinya ada di sebelah timurnya agak sedikit ke selatan.

Mudah-mudahan membantu …

22 03 2011
zheeni

halo mas,
saya punya 1 pertanyaan nih. gusi yg depan saya berdarah dan sakit bila sedang berdarah. saya mencoba berkumur dengan obat kumur. lumayan sih menghilangkan sakit. tapi sakit itu datang kembali. saya takut dengan dokter gigi , padahal paman saya dokter gigi. apakah selama proses scaling itu harus di bius dulu gusi nya???

6 04 2011
Yuddi

halo juga mbak,
tidak harus dibius kok.. tenang saja..

5 04 2011
nova

sebetulnya saat ini saya sangat ingin membersihkan karang gigi. tapi sebelumnya sya mo tanya berhubung saya ini takut jarum suntik apakah pada proses pembersihan karang gigi itu ad penyuntikan lebih dulu trus kira2 berapa biaya yg umum untuk pembersihan karang gigi. soalnya saya mulai g nyaman dengan karang gigi yg ad di gigi saya. terkadang menimbulkan sakit n berdarah trus menimbulkn bau mulut yg sangat mengganggu. thanks….

6 04 2011
Yuddi

Tidak harus pakai penyuntikan kok. Kalau soal biaya saya tidak bisa memberi info karena beda daerah dan lokasi jelas beda tarifnya dan tidak ada keseragaman tarif.

8 04 2011
agung

Mas,umr q skrg msh 14 thn.tp krng gigi sdh bnyk and mnjlr kemana2 dan klo di brshn mlh kropos.jg di g
igi seri ats q ad yg blong.prtyan ny:A. apkah dgn scling bs d smbhkn?(krn klo d brshin kropos)
B. Apkh blong-an pd gigi trsbt bsa menjrlr ? trimksh.

8 04 2011
Yuddi

A. Kalau yang dianggap “keropos” itu sebenarnya karang gigi nya yg lepas jelas bisa dibersihkan dengan scaling. Namun apabila sudah ada karies gigi, jelas perlu dilakukan restorasi dengan tambalan dan mungkin perawatan lain yang diperlukan

B. Pada prinsipnya karies bisa meluas.

9 04 2011
agung

mas,ad gx cr alami supaya karies tdk mnjlr?

13 04 2011
Yuddi

Pada prinsipnya karies bisa dicegah dengan kebiasaan membersihkan gigi yang baik (baik cara membersihkan maupun waktu) dan rajin kontrol ke dokter gigi yang umumnya dianjurkan setiap 6 bulan.
Tapi, kalau sudah ada karies, sebaiknya segera dihilangkan kariesnya dgn dilakukan perawatan agar tidak meluas.

14 04 2011
agung

Mas,gigi geraham bwh q sdh brlbng dan hmpr satu gigi trsbt brlbng smua dan klo di biarin gx krs skt.tp klo kumur2 skt ny gx ktulungan.gmn mas spy tdk skt?

15 04 2011
Yuddi

Harus segera dibawa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat karena kerusakannya sudah berat kalau seperti itu.

25 04 2011
Putri

Maaf mas,mw ikt nimbrung..sy pny mslh jg dg gi2 geraham sbelah kiri..sdh bbrp bln ni tdk prnh dpake mngunyah.Kondsiny pun mnurut sy dah parah bnget,sdh trtu2p(mgkn karang/karies?)brwarna coklat n kdg rasany sakit bget..Srg trlintas utk k dokter gi2,tp blm ksampean jg..Kira2 msh bs diselamatkn tdk y gi2 geraham kiri sy??mhn pncerahany..makasih bnget.

26 04 2011
Yuddi

Wah, sulit menjawab bisa/tidak diselamatkan gigi gerahamnya terutama karena belum melihat langsung. Tapi percayalah perkembangan bahan, teknologi dan ilmu kedokteran gigi itu sendiri memungkinkan untuk gigi yang rusak sekalipun untuk dilakukan restorasi. Sebaiknya segera ke dokter gigi, supaya cepat dilakukan perawatan jadi gigi itu ga perlu dicabut.

18 05 2011
saiful

maaf mas,,mau tanya,,gigi seri yang bawah terdapat karang2 gigi,dan baru-baru ini ada keroposan gigi seri bagian bawah(bag.akar dekat gusi),sehingga terlihat sekali berlubang,,,
apakah ini berbahaya mas? trus apakah bisa dilakukan penambalan permanen?
mohon pencerahannya..
terima kasih.

18 05 2011
Yuddi

Mas Saiful
Kalau dibiarkan saja jelas kerusakannya nanti akan terus berlanjut. Dan memang sebaiknya gigi itu dirawat, kemudian ditambal gigi yang berlubang.

28 06 2011
diian

mas saya mau tanya gigi saya sempat berlubang terus gara2 tidak buat makan sekarang mulai banyak karang gigi nya, nah masalahnya tambalan gigi saya ketutup sama karang, kalau di bersihkan apa tambalannya juga akan terbawa? Mohon balasannya :)mas saya mau tanya gigi saya sempat berlubang terus gara2 tidak buat makan sekarang mulai banyak karang gigi nya, nah masalahnya tambalan gigi saya ketutup sama karang, kalau di bersihkan apa tambalannya juga akan terbawa? Mohon balasannya :)

20 07 2011
Yuddi

Hi Dian…
Kalau tambalannya ga rusak, biasanya walaupun di bersihkan tambalannya akan tetap tidak rusak. Tentunya dokter gigi yang membersihkan sudah menyadari kalau harus berhati-hati terhadap tambalan tersebut…

salam

17 07 2011
rama

assalamualaikum mas yudi.
Salam kenal, ak mau tanya mas, gigi dpan ku bgian atas keropos.. Bgaimana y cara mengatasi gigi ku ini.d tambal atw harus d cabut dan ganti gigi palsu?
Kalaupun d tambal,d tambal seperti apa y?mohon d jwb y mas. Terimakasih.

20 07 2011
Yuddi

Hi Rama..
Waalaikum salam..
Sayangnya tidak disebutkan, sebanyak apa kekeroposannya yah.
Memang bila masih ada sebagian besar gigi yang tertinggal, bisa ditambal atau dibuatkan mahkota tiruan (jacket crown). Tentunya bila saluran akar giginya sudah rusak, harus dilakukan perawatan terlebih dahulu. Bahan tambalan sudah banyak pilihan, untuk gigi depan biasanya menggunakan bahan yang bisa disesuaikan dengan warna gigi di sekelilingnya, jadi tidak perlu khawatir tentang penampakan giginya.
Kalau kerusakannya sudah parah dan bahkan tidak ada gigi yang bisa dipertahankan, jalan satu2nya yah harus dilakukan pencabutan kemudian diganti dengan gigi tiruan.

19 07 2011
rahma

rahma : kalkulus itu sifatnya permanet atu tidak ya ? mohon penjelasannya dong…

20 07 2011
Yuddi

Hi Rahma..
Kalkulus bisa di bersihkan kok asal rajin ke dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali.

24 07 2011
afnhi

mas yudhi,
sy mau nanya klau karang gigi ( kalkulus ) ada hubungannya tidak dengan penyakit jantung??? truzz gini apa perbedaan antara scaller manual sm yg elektrik, n’ bagaimana cara mlakukan perawatan scalling dgn scaller manual???
pendatang baru….
slam knal…
mohon dpt d balas…

25 07 2011
Yuddi

Saya coba jawab yah..

Hubungan antara kalkulus dengan penyakit jantung agak sedikit riweuh (katanya). Jadi, bila semakin banyak kalkulus dalam rongga mulut, maka akan memungkinan bakteri semakin banyak menumpuk dalam rongga mulut kita. Nah, bakteri ini apabila terjadi luka dalam rongga mulut dapat masuk ke pembuluh darah. Bakteri yang agresif dapat mencapai ke jantung dan dapat menginfeksi katup jantung. Selain itu timbunan bakteri juga dapat menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Nah, walaupun terlihat mudah terjadi tapi sebenarnya prosesnya tidak sesederhana itu. Cara terbaik adalah dengan rutin membersihkan kalkulus.

Mungkin yang di maksud adalah manual dan ultrasonic yah. Kalau manual itu pembersihan karang gigi menggunakan hands instrumen (bukan yg electric) seperti contoh ilustrasi gambar di atas. Sedangkan ultrasonic menggunakan getaran dan semprotan air.

Bila ingin mendapatkan perawatan scaling manual, bisa saja langsung minta ke dokter gigi untuk tidak menggunakan ultrasonic. Pada pasien dengan sensitifitas tinggi (mudah ngilu, sakit, dll) biasanya memang pembersihan karang ggi menggunakan metode yang manual.

Semoga membantu!

25 07 2011
dewi

Mas…apa semua dokter gigi punya standar yg sama utk scalling n mengatasi gigi goyang akibat karang gigi?kira2 risikonya apa kalo tidak dilakukan sesuai prosedur?makasi..

25 07 2011
Yuddi

Mbak Dewi,
Kalau standar, pasti sama untuk semua dokter di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Resiko paling berat apabila tidak dilakukan sesuai prosedur, adalah karang gigi nya ga bersih :)

3 08 2011
tri wahyu

selamat pagi,,
saya sering menggosok gigi mengeluarkan darah,, disela-sela gigi geraham juga ada seperti sesuatu yang keras menenempel di gigi..
kira2 biaya perawatan di puskesmas berapa ya?saya mempunyai askes pns apakah bisa digunakan?tempat tinggal saya di daerah sidoarjo
terima kasih…

3 08 2011
Yuddi

@mbak tri
Gosok gigi yang sampai mengeluarkan darah memang ada kemungkinan terdapat karang gigi di sub ginggiva (sela2 antara gusi dan gigi), juga benda keras yang menempel.
Akan tetapi, pemilihan sikat gigi yang kurang tepat, cara menyikap gigi yang terlalu keras, atau mungkin memang gusi nya sensitif karena berbagai sebab pun bisa menyebabkan gusi berdarah saat di sikat.

Untuk penggunaan askes pns, sebaiknya ditanyakan di puskesmas/rumah sakitnya ya mbak terus terang saya kurang begitu memahami pelayanan apa saja yang dicover oleh askes. Untuk biaya di puskesmas pun saya kurang begitu pasti, tetapi yang jelas jauh lebih murah dibanding ke dokter gigi swasta maupun ke rumah sakit.

6 08 2011
maisa

askum,
mas mw tnya da pngaruhnya ga sih skrg khn lg puasa nih sya mw mmbrsihkan karang gi2 dan bngung karna gi2 graham sya berlubang,krn skrg sdg brpuasa jd makin bngung tktny puasany batal gt mas cz khn klo mmbrsihkn krang gi2 kdg ska brdarah gt mas.
Trus sy jg malu mas ke dkter gi2 krn mslh sy ini

6 08 2011
Yuddi

Waalaikum salam,
Sebelumnya, soal batal-tidak batal saya tidak berani memberikan penilaian karena itu kembali kepada keyakinan masing-masing. Tetapi pendapat saya :
1. Kalau perawatan gigi dilakukan siang hari dikhawatirkan membatalkan puasa, mungkin bisa dilakukan perawatan sore setelah buka puasa.
2. Setahu saya kalau berdarah tidak membatalkan puasa, namun memang ada yang mengatakan apabila sering-sering berkumur itu hukumnya “makruh” bagi yang berpuasa dan itu makanya banyak orang menghindari perawatan gigi pada siang hari saat berpuasa.
3. Perawatan gigi untuk membersihkan karang gigi ataupun menambal gigi yang berlubang sebenarnya akan membantu mengurangi bau mulut dan secara langsung akan meningkatkan kenyamanan dalam berpuasa.

Mudah-mudahan bermanfaat yah..

6 08 2011
icha

hello mas yudi saya mau nanya salah satu dr saudara saya ada yg giginya menumbuh di gusi atas dan bawah,apakah itu harus di operasi atau tdk?

trims
icha

6 08 2011
Yuddi

Halo juga icha,
Wah sayang ga ada info usia saudaranya yah.
Tetapi, untuk menentukan apakah harus di operasi atau tidak memang harus dilihat langsung kondisinya, apabila memang masih bisa dirapikan dengan pemasangan kawat gigi (ortodontic treatment) mungkin tidak perlu sampai dilakukan operasi. Jadi, sebaiknya segera ke dokter gigi, untuk mencegah jgn sampai gigi yang tumbuh tidak pada tempatnya mengganggu fungsi pengunyahan (dan tentu saja penampilan).

18 08 2011
sri hartati ca

Selamat malam…..
saya baru aja tadi malam bersihkan karang gigi,,,, ichhhh ngiluuuu
tapi saya merasa PD dan nyaman…. bersih dech….
tp, boleh gak ya pake alat elektrik…?

18 08 2011
Yuddi

selamat karena udah makin pede..
maksudnya pake alat elektrik ini apa yah?

26 08 2011
egy

Saya baru saja menjalani operasi gigi bungsu..mo lepas jahitan.. kira2 sakit ga ya?

5 09 2011
Yuddi

Kalau sudah lepas jahitan, biasanya luka nya sudah membaik, dan biasanya sudah tidak terasa sakit.

3 09 2011
Mia

Mas, saya mau scaling. .tp 1 gi2 graham saya lg ada yg sakit dan gusi’y itu jd bengkak..nah apa bs melakukan scaling dlm k’adaan ada gusi yg bengkak.,rencana’y stlah scaling dan gi2’y udah g sakit mw dcabut.,gmn ya?

5 09 2011
Yuddi

Kalau yang sakit dan bengkak hanya gusi pada 1 gigi yang sakit tersebut, kemungkinan scaling masih dapat dilakukan. Tentunya karena gusi nya tidak sehat, nantinya dokter gigi akan lebih berhati-hati.

19 09 2011
bowbonobowo

wahh mas banyak jg yg komen n suka ama blog ini,hehe
aku mau tanya bingung ni…
soalnya gigi ku udah antah brantah bgt (menurutku) soalnya ada bolong,,tambalan dll…
kalo priksa gigi doang kalo di RSGM UGM tp tindakannya ntar2an aja…
barangkali butuh biaya banyak gitu…jd konsultasi dulu..
heheboleh gak ya?

oiya mas,,share FB atau twitter gt?biar bs lbh akrab dan gampang konsultasi (kalau berkenenan) hehe
terimakasih banyak

19 09 2011
Yuddi

Terima kasih mas Bowo, saya cuman menjawab sebisa saya kok. Harapannya ada teman dokter gigi yang lebih paham ikut nimbrung dan ikut diskusi disini supaya pengetahuan kita makin luas.

Boleh mas kalo cuman mau konsultasi, tenang ajah. Cukup datang, trus daftar, trus siap diperiksa deh :)

Twitter saya : @y_u_d_d_i silahkan kalo mau diskusi..

27 09 2011
selvy

permisi mas,,

saya sangat takut untuk pergi kedookter gigi, hingga usia saya saat ini (19th) saya belum pernah ke dokter gigi..
karang di gigi saya sudah melebar,,
kondisi gigi graham kiri dan kanan saya berlubang parah hal ini sudah sejak kecil terjadi dan saya selalu menolak untuk ke dokter gigi.
saya ingin melakukan pembersihan karang gigi,,
tapi saya mal dengan kondisi gigi saya..
dan ada 1 hal lagi yang saya bimbangkan,, apakah proses scalling sama dengan mengikir gigi ?
karna setahu saya mengikir gigi itu tidak boleh dilakukan..
terimaksih

27 09 2011
Yuddi

Mbak Selvy,

Para dokter gigi memang bertugas melayani pasien dengan berbagai keluhan gigi dan mulutnya, jadi ga perlu malu. Malah kalau dibiarkan berlarut-larut bisa makin parah kerusakan gigi nya.
Tentu saja scaling itu ga sama dengan mengikir gigi, kan scaling menggunakan scaler, bukan menggunakan kikir .. he he he…

Oke mudah-mudahan ga takut lagi ya..

10 10 2011
Chandra

Mas Yuddi aku mau tanya ni…. dulu waktu kecil gigiku pernah akan dicabut padahal saat itu tidak pernah sakit gigi, hanya ada lubang kecil, sama doker gigi setelah di suntik dan akan dicabut ternyata tidak bisa dicabut, saya rasa gigi saya itu sampai pecah karena benturan alatnya, pada saat itu sakitnya bukan main, dan pipi saya menjadi bengkak berhari-hari. Setelah itu saya tidak pernah ke dokter gigi lagi dan memang tidak pernah sakit gigi. Masalah saya sekarang adalah karang gigi, dan gigi yang dulu pernah tidak bisa dicabut itu, walaupun tidak sakit tapi saya merasa terganggu dengan lubang giginya. Pernah diperiksa dokter katanya saya harus di bedah kecil untuk mencabut giginya. Dengar kata “Bedah” saya sudah gak sanggup. Sekarang ada Diskon menarik untuk hilangkan karang gigi, saya sangat tertarik, soalnya gigi saya memang ada karang giginya, walaupun rutin menyikat gigi. Pertanyaan saya :
1. Apakah benar mencabut gigi saya yang bermasalah itu harus dibedah kecil ? Sungguh menakutkan !
2. Apakah karang gigi saya yang sudah puluhan tahun dan seperti berkarat di gigi ini benar2 bisa hilang ?
3. Berapa lama jangka waktunya untuk pembersihan karang gigi rutin ?
4. Mimpi punya gigi putih bersih dan sehat apakah saya masih bisa ? Whitening untuk Gigi apakah berbahaya ??
Maafkan karena banyak bertanya …. :)

11 10 2011
Yuddi

Saya coba jawab yah..
1. Menentukan apakah pengambilan gigi dilakukan dengan prosedur bedah atau tidak itu bergantung kepada operator (dokter gigi)nya. Memang apabila tidak dapat diambil dengan cara biasa, tidak ada cara lain selain menggunakan prosedur bedah minor. Sebenarnya prosedurnya tidak jauh berbeda dengan pencabutan gigi pada umumnya hanya mungkin sedikit lebih lama, tentunya dengan penggunaan alat-alat bantu yang lebih banyak.

2,3 Karang giginya bisa kok dihilangkan, tentunya asal tetap rajin membersihkan secara berkala 3-6 bulan sekali.

4. Tentunya pada awalnya akan dilihat kondisi giginya, apakah memungkinkan dilakukan prosedur whitening, jadi selalu ada kemungkinan untuk mendapatkan gigi yang putih bersih dan sehat seandainya pemilik giginya pun rajin merawat. Kalau soal keamanan bahan, selama itu dilakukan oleh dokter gigi profesional Insya Allah dengan dosis dan cara yang tepat tidak akan berbahaya untuk pasien.

Semoga bermanfaat.

1 11 2011
belanjagaul.com

Wah Artikelnya bagus, boleh saya ijin copy untuk tampil di website belanjagaul.com ?? terima kasih

4 12 2011
Yuddi

silahkan.. saya pun menyarikan dari berbagai sumber, mohon untuk dicantumkan sumber-sumber yang saya gunakan.

2 12 2011
Haqi

Mas tolong djwb, krn mungkin cuma mas yg bs menjawab prtanyaan ini.
Kok mulut saya terasa bau yh padahal dh rajin sikat gigi pagi dan sore.
Ini sudah bertahun tahun.
Apa ini ada pengaruh dari kesehatan mulut dan gigi

4 12 2011
Yuddi

@Mas Haqi
Kondisi gigi dan mulut juga berpengaruh terhadap bau mulut. Bau mulut yang kurang sedap bisa disebabkan karena ada gigi yang berlubang dan mungkin saja cara menyikat gigi yang kurang benar sehingga sisa-sisa makanan masih tertinggal di sela-sela gigi. Karang gigi pun dapat menyebabkan makanan mudah tertinggal dan sulit dibersihkan.
Penyebab lain, misalnya karena mulut kering akibat produksi air ludah sangat sedikit, karena berbagai penyebab tentunya.
Saran saya sebaiknya segera ke dokter gigi untuk menemukan penyebabnya dan mendapatkan solusi terbaik.

4 12 2011
rara

Dok, bleaching gigi dan scalling tu ada efek sampingnya gak dok?

4 12 2011
Yuddi

Perawatan bleaching dan scaling yang dilakukan oleh profesional (dokter gigi) tentunya tidak akan memberikan efek samping atau efek samping yang dihasilkan sangat minimal.

7 12 2011
Nanda

Dear Mas Yuddi…
aku mau tanya dong…
setelah kecelakaan motor yang saya alami gigi saya rasanya jadi sensitif dan ngilu…perasaan saya gigi saya ada yang berubah bentuk (meskipun tidak banyak…)…kok bisa begitu ya mas?
terus untuk karang gigi yang sudah terlalu tebal dan seperti gigi tidak menempel pada gusinya lagi .. kalau di lakukan scalling ada proggres ga ya mas? makasih banget untuk jawabannya :)

7 12 2011
Yuddi

Kemungkinan waktu kecelakaan terjadi benturan, sayangnya tidak dijelaskan sudah beberapa lama sejak kecelakaan terjadi, dan benturan itu bisa mengakibatkan bagian-bagian tertentu gigi patah. Apabila benar terjadi, tentunya ada bagian dentin yang terbuka dan lebih sensitif terhadap rangsangan dari luar sehingga suka terasa ngilu.
Gusi, dengan perawatan yang tepat (scaling, root planing, dll) akan kembali menempel pada gigi. Mungkin akan butuh waktu tetapi pasti akan ada progress. Jadi segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

7 12 2011
Ananda

thanks infonya mas yuddi…
tepatnya sih kecelakaannya tahun kemarin.
pertanyaan berikutnya hehehe…
kalau ada seperti plak di belakang gigi apakah itu calon karang gigi ya?

9 12 2011
Yuddi

@Ananda
Well.. kalau baru tahun kemarin mungkin masih belum terlalu terlambat untuk segera dapat perawatan.
Nah kalau yang seperti plak itu, warnanya putih atau bening?. Kalau putih, dugaan saya malah bukan calon karang gigi, tapi sudah terjadi proses awal karies. Biasa disebut dengan white spot.

9 12 2011
Ananda

waduh…mudah2an jangan sampe jadi karies…
wah…ini sih must go to dentist asap mas yud..
thanks banget infonya yaa…. :)

13 12 2011
Ane

Malam Mas, saya Ane..Mau tanya sekarang ini saya sedang hamil 4blan,dan kondisi gigi bisa dibilang parah(gi2 graham bolong,karang gigi dan suka berdarah kalau sikat gigi),bisa kasih saran’kah perawatan apa dulu yg bisa saya lakukan selama masa kehamilan..Terima Kasih..

5 02 2012
Yuddi

Mbak Ane,
Biasanya perawatan gigi pada wanita hamil aman pada usia trimester kedua.
Pada tahap ini, memang sebaiknya dihindari perawatan yang sangat invasif, jadi mungkin untuk keluhannya bisa dilakukan pembersihan karang gigi, dan penumpatan. Dengan catatan tidak ada gangguan lain yang terlihat dalam rongga mulut berdasarkan hasil pemeriksaan dokternya.
Semoga membantu.

15 12 2011
ati

udh 27th blm prnh periksa gigi. Skr pgn konsultsi k drg, mencegah lbh baik drpd mengobati, mumpung jrg skt gigi. Bedany karies, karang gigi ma plak apa y? item2 yg ada d geraham itu tmsk apa? Klo yg d belakang gigi wrny agak kuning itu apa y?

5 02 2012
Yuddi

Mbak Ati,
Tidak pernah merasakan sakit gigi bukan berarti tidak ke dokter gigi, karena gigi dan mulut kita hampir setiap hari digunakan maka sebaiknya tetap dilakukan perawatan/kontrol walaupun tidak ada masalah.

Karies itu proses demineralisasi gigi karena bakteri, biasanya dikenal dengan lubang pada gigi atau apabila belum berlubang dia berupa titik-titik putih (karies awal) dan hitam.

Plak itu biasanya lapisan bening yang muncul sesaat pada gigi dan apabila tidak dibersihkan akibat sisa-sisa makanan, plak ini akan mengeras dan mengalami kalsifikasi sehingga kita sebut karang gigi/kalkulus. Plak ini dapat berwarna serupa gigi.

4 02 2012
megasaja

Assalamu’alaykum Mas Yudi,

Mas, kalo untuk tarif pembesihan karang gigi di RSGM UGM sekitar berapa ya Mas?
Terus, dulu kan pernah priksa ke dokter gigi, tenyata gigi geraham belakang tumbuhnya tidak normal, kata drg nya sih harus dicabut. Itu kalau tidak dicabut bahaya ndak Mas?

Terima Kasih

5 02 2012
Yuddi

Waalaikum salam Mbak Mega,
Di RSGM UGM kalau tidak salah tarif yang masih saya ingat 50 ribu di klinik pendidikan. Untuk klinik umum dan klinik spesialis bisa lebih dari itu.

Mengenai gigi geraham bungsu, sayangnya tidak disebutkan bagaimana posisinya. Tetapi memang gigi geraham bungsu yang tumbuh kurang normal biasanya akan menimbulkan masalah dikemudian hari bergantung masing-masing ketidaknormalannya.

Semoga bermanfaat.

11 02 2012
permana

selamat malam mas,
mau tny, katanya biaya scalling d rsgm UGM kalo dokter sama koas beda ya? kalo itungannya per sisi itu gmn maksudnya?
terima kasih sebelumnya,

11 02 2012
permana

Assalamuallaikum mas,
akhir2 ini ada problem d gusi sy, ada pembengkakan d bagian gusi geraham plg belakang.
mas lokasi saya di solo, kmren dpt recommended tmn unt scaling d RSGM UGM. Katanya unt charge scaling dokter sama koas beda ya? kalo itungannya per sisi itu gmn mas? soalnya pnh sy k dokter praktek mahal sekali biayanya.

13 02 2012
Yuddi

Waalaikum salam,

Mas Permana saya jawab pertanyaannya ya.
Betul sekali biaya scaling antara dokter dan koass berbeda. Sedangkan untuk biaya per sisi itu, secara imajiner kan rahang kita dibagi menjadi 4 kuadran/bagian yaitu kiri atas, kanan atas, kiri bawah dan kanan bawah. Nah, biasanya yang digunakan untuk tarif scaling itu per kuadran (seperti sudah disebutkan) atau bisa juga per bagian rahang (atas dan bawah). Untuk di RSGM UGM, karena saya taunya di klinik pendidikan dengan mahasiswa koass sebagai pelaksana, hanya ada 1 tarif untuk seluruh rahang. Begitu kira2 yang bisa saya share mengenai informasi biayanya.

Semoga bermanfaat.

15 03 2012
meLL

kalo cabut gigi itu harus satu2 yia mas??

trus kalo udah dicabut, berapa hari yia baru bisa dipasang gigi palsu??

15 03 2012
meLL

kalo nyabut gigi itu harus satu2 yia mas?
trus kalo udah dicabut, berapa hari baru bisa dipasang gigi palsu??
jawab ke email saya yia mas,,,,maksi buat bantuannya..

17 03 2012
Yuddi

sudah di jawab yah..

17 03 2012
Novita

Saya ingin scaling dan tambal gigi. Tapi takut sakit. Dulu pernah tambal, sakit sekali. Apakah bisa minta dianestesi ketika ditambal? Saya dengar amalgam cukup berbahaya untuk digunakan. Sebaiknya material apa selain amalgam yang disarankan? Saya juga takut ke dokter gigi karena kurang percaya dengan higinitas klinik. Takutnya mau membersihkan gigi supaya lebih sehat malah ketularan penyakit macam2. Mohon pencerahan.

17 03 2012
Yuddi

Mbak Novita,
Bisa saja dilakukan anestesi saat ditambal, tentunya dengan beberapa pertimbangan yang hanya bisa dilakukan oleh dokter yang merawat.
Hingga saat ini memang telah banyak ditemukan bahan sekuat amalgam namun mendukung secara estetis dari sisi warna. Penggunaan bahan tambalan juga mempertimbangkan luas area gigi yang akan ditambal, umumnya digunakan bahan komposit. Tetapi saat ini telah banyak modifikasi sehingga lebih banyak pilihan bahan yang digunakan.
Secara pasti, saya dapat menjamin bahwa semua dokter gigi telah mengetahui mengenai sterilisasi dalam kedokteran gigi, namun memang agak susah dijamin tentang pelaksanaannya karena itu kembali kepada individu masing-masing. Apabila ragu dengan higienitas klinik, mungkin boleh melakukan perawatan ke rumah sakit.

Semoga bermanfaat.

7 06 2012
Gina

Mas yudhi
Ak tuh punya msalah sma karang gigi, parah banget deh, bagian gigi ak sebelah kiri, semuanya udah terkena karang gigi, mngkin semenjak ada gigi yg berlubang, dan jarang dpke mngunyah, ak ngunyah cuma sbelah, pke gigi yg sblah kanan aja,
Itu msh bisa hilang ga karang nya pake scalling ? Ak ga pede soalny karang gigi ak bnyak banget, trus scalling itu sperti apa sih ? Ak takut ada efek samping nya, udah gt biaya nya mahal ga yah mas ?

7 06 2012
Yuddi

Gina,
Betul sekali, gigi pada sisi rahang yang jarang dipakai mengunyah biasanya mudah terbentuk kalkulus (karang gigi)
Insya Allah karang gigi bisa hilang dengan scaling. Secara umum scaling sudah dijelaskan di atas yaitu bila menggunakan instrumen manual, kalkulus akan di bersihkan dengan gerakan seperti mengerok. Ada juga instrumen ultrasonik yang menggunakan getaran. Efek samping dari scaling yaitu karang gigi-nya hilang.
Soal biaya relatif tidak terlalu mahal dibandingkan apabila gigi yang ada karang giginya rusak dan harus di tambal dll.
Semoga membantu ya..

8 06 2012
gina

oh gt yah mas, ada beberapa hal lagi nih yang mau ak tanyain, kebetulan gigi yang terkena karang gigi ini beberapa berlubang, apakah setelah scalling bisa langsung ditambal ? ataukah ada jeda dulu beberapa waktu baru boleh ditambal ?
Kemudian masalah biaya, apakah biaya scalling ini dihitung per gigi atau bagaimana ? soalnya ada teman saya yang membrsihkan karang gigi nya itu dikenakan biaya per gigi,
Sementara gigi saya kan banyak yang terkena karang gigi, khawatirnya biayanya membludak,

8 06 2012
Yuddi

Gina,
Setelah scaling tentu saja bisa langsung ditambal selama memungkinkan dengan pertimbangan kondisi gigi dll.
Soal biaya, lazimnya biaya yang dikenakan adalah per regio atau per rahang (mengenai ini sudah pernah saya jelaskan di atas, monggo dicari2).
Mungkin yang dihitung per gigi itu adalah bleaching atau memutihkan gigi, karena prosedurnya memang harus diawali dengan scaling.
Mengenai biaya, jangan ragu-ragu untuk ditanyakan kepada dokter yang merawat agar hasil perawatan dapat maksimal.

9 06 2012
Erna

Siang mas yuddi
klo habis bersihin gigi langsung pasang kawat gigi bs gak?
Brp biayanya klo di dogter gigi di sleman.
Tanks…..

11 06 2012
Yuddi

Sore Erna,
Tentu saja bisa dipasang setelah scaling (bersihin karang gigi)
Kalo soal biaya silahkan ditanyakan kepada dokter gigi yang akan merawat :)

20 06 2012
Erna

Mlm mas yuddi
tadi siang aku baru bersihin krg gigi aku di puskesmas sleman. Dan ternyata gigi aku lebih enakan dan trasa smriwing skrg.dan biayanya 60000, itu dah termasuk konsultasi ke drg nya. Pd saat pembersihan karang, aku gak berani lihat alat2nya krn takuuuuut, kyak di bor gitu gigi aku, dan agak ngilu2 dkit lah.smp aku mrs malu krn drg nya blg klo krg gigi aku lumayan bnyk. Prosesnya jg gak terlalu lm kok., dan skrg tggl aku mau nyoba pasang kwt gigi! Itu sakit gak sih mas, trs prosesnya lm gak….
Mksh…

21 06 2012
Yuddi

Hai Erna,
Terima kasih udah share pengalaman membersihkan karang gigi di puskesmas yah, mudah-mudahan pembaca blog saya ada gambaran mengenai biaya dan manfaatnya.
Kalau pasang kawat gigi, waktu perawatan disesuaikan dengan tingkat keparahan giginya. Biasanya sesaat setelah kontrol akan terasa seperti tertarik, tetapi banyak juga teman/pasien yang mengatakan tidak terasa sakit.
Selamat yah sudah lebih berani melakukan perawatan, semoga rutin memeriksakan giginya di masa yg akan datang.

21 06 2012
rio

halo mas apa kabar? Mas dari FKG UGM ya..
Saya mau tanya mas, saya masih berumur 18tahun, sejak saya SD, ada gigi kecil yang tumbuh diantara 2 gigi depan atas saya. Saya belum pernah ke dokter gigi. Hingga sekarang gigi kecil tsb masih ada dan memisahkan 2 gigi depan atas saya sehingga terlihat jelek. Saya ingin mencabut gigi kecil itu, tapi akan menimbulkan celah diantara 2 gigi depan atas saya. Bisakah celah tersebut menggeser 2 gigi depan atas saya sehingga terlihat rapih, tapi tanpa menggunakan kawat gigi?
Mohon jawabannya ya mas. Trims.. :-)

21 06 2012
Yuddi

Halo Rio, kabar saya baik saja, terima kasih. Betul saya dari UGM.
Untuk kasus yang Rio hadapi, mungkin sebaiknya akan lebih mudah memberikan saran apabila disertai foto klinis atau juga foto ronsen karena kemungkinan Rio mengalami gangguan pada masa pertumbuhan.
Perlu atau tidaknya penggunaan kawat gigi untuk merapikan juga tergantung kondisi klinis, tetapi dengan penggunaan kawat gigi, maka proses merapikannya akan jauh lebih terarah dan hasil perawatannya akan sangat memuaskan. Untuk kasus-kasus yang tidak berat mungkin dapat digunakan perawatan dengan plat aktif (bukan behel).
Semoga mendapat pencerahan yah..

14 07 2012
david

mas kalo mengkikir/ ngeratain gigi ada efek sampingnya ga ?

15 07 2012
Yuddi

Ada mas, emailnya bisa tipis atau bahkan hilang sama sekali, sehingga dentinnya terbuka, dan gigi akan lebih sensitif terhadap rangsang (panas, dingin, dll)

2 08 2012
rachma

mas mau tanya,di rsgm sudomo bisa meneriama pasien dengan askes tidak?soalnya saya rencana mau odontektomi gigi molar 3 dekstra..soalnya dh ganggu bgt,bolong..kropos n skit plus ngilu2 jg ni..
thanx b4 infonya.

13 08 2012
rian

saya kan plaknya udah lumayan bnyk,misalnya diantara gigi dan gusi nah kalo udah di scaling sakitnya sampai berapa minggu ?
trs ngilunya sampai berapa ama ?
makasih mohon bantuannya

13 08 2012
Yuddi

Rian,
Rasa ngilu yang timbul sangat bervariasi antara 1 pasien dengan pasien yang lain, tetapi pada umumnya pasien hanya merasa ngilu dan sakit pada saat dilakukan scaling.

13 08 2012
Yuddi

@Rachma
Saya kurang tau kalau di RSGM nerima askes/tidak. Tapi kalau mau menggunakan fasilitas askes bisa ke Poli Bedah Mulut (lokasinya di sebelah Poli Gigi dan Mulut) di RS Sardjito

22 08 2012
aliya

sya kurang pd karna gigiq tdk braturan dan pling takut k dokter pngenx cman yg simple,,jdi skrang baruu menyesal dan baru sadar akan pntingnya merawt gigi.

24 08 2012
Yuddi

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :)

29 08 2012
yuanita

Salam kenal Mas Yuddi…
sejak kecil saya sering ke dokter gigi tapi hanya untuk cabut atau tambal gigi, belum pernah bersihkan karang gigi. baru awal tahun ini saya coba bersihkan karang gigi, karena ada promo :D
agak lama juga prosesnya karena memang sudah tebel karang giginya dan ada sedikit pendarahan di gusi, untungnya saya gak kapok ke dokter gigi. Tapi mas, kalau bersihkan karang giginya belum sampai 1 tahun dibersihkan lagi gpp kan?

30 08 2012
Yuddi

Salam kenal Yuanita,
Boleh kok setahun lebih dari 1 kali scaling, malah dianjurkan supaya tidak memberi peluang terjadi kerusakan yang parah.

16 10 2012
nana

mas kalo harga bleaching di rsgm ugm berapa ya ? apa per gigi jg ?

18 10 2012
Yuddi

mungkin sebaiknya langsung ke RSGM aja, maaf saya kurang hapal tarifnya.

22 11 2012
lala

Assalamu’alaikum…
Salam kenal mas Yuddi…
Pengen tanya2 mas,, tp sblmnya sharing dulu… hehe
Sudah lama sy merasa terganggu dengan gigi depan-bawah-bagian dalam yg terasa kasar saat tersentuh lidah dan berwarna kekuning2an. Sy penasaran, lalu bbrp kali sy coba bersihkan dgn jari tangan (karena disikat gak hilang2). Pas sy bersihkan dgn jari, kadang ada serpihan sgt kecil & keras nyangkut di kuku. Sy menduga, gigi sy keropos. Sy takut ke dokter gigi (takut alat & takut biaya). Akhirnya sy biarkan… Sampai pada 3hari yg lalu sy menyadari… saat bercermin sy melihat warna kekuningan di gigi bagian dalam itu mulai merambat ke bagian luar, jadi gigi depan bagian luar ikut2n kuning. Sy ketakutan (bisa hbs ni gigi,, keropos luar-dalam). Finally, sy k puskesmas daerah Klaten, Bp.Gigi. Stlh crita panjang-lebar-tinggi ttg kekhawatiran sy, 1 pertanyaan dr dokter “dah PERNAH bersihkan karang gigi?” (hmm, pernah ja blm, ckck)
Trnyt yg td tu cm karang gigi, bkn keropos (Alhamdulillah). Dokter menawarkan jika berkenan dibersihkan karangnya bisa dgn biaya 40.000. (It means jika ke puskesmas tdk HARUS dilakukan perlakuakn trhdp gigi, bisa cm periksa ja, skedar mngetahui kondisi gigi, scalingnya bisa lain waktu)
Pertama kalinya k dokter gigi & pertama kalinya mbersihkan karang gigi (stlh 20th mengendap)
Nah, masalahnya adl… stlh dbersihkan, sy merasa gigi sy seperti berlubang. sy khawatir saat mbersihkan karang, emailnya tererosi. Jadi, da lubang sangat kecil di antara persinggungan 2 gigi depan-bawah-tengah, sehingga (mungkin) memicu adanya gelembung2 kecil (gak banyak sih) saat sy berbicara. Ini agk mengganggu. Sy jg merasa produksi liur sedikit mngalami peningkatan. entah keluhan sy ini ada hubunganny dgn pembersihan karang gigi ato tdk… adakah kmungkinan bhw scaling menimbulkan resiko pd gigi?? (gigi jadi makin tipis, misalnya) Atau dgn scaling bs dipastikan gigi kembali bersih spt sedia kala?

Trima ksh sgt, mas Yuddi

22 11 2012
Yuddi

Waalaikum salam..
Selamat untuk pengalaman pertamanya :)
Saya coba jawab, apabila dilakukan oleh ahli (dokter gigi) scaling hampir tidak ada resiko apalagi apabila scaling pada pasien yang tidak memiliki gangguan sistemik. Insya Allah dijamin, setelah scaling gigi menjadi bersih dari kalkulus.
Sensasi “aneh” pasca scaling bisa saja timbul karena memang proses kerusakan gigi telah terjadi, namun selama ini tidak terlihat karena tertutup kalkulus (karang gigi). Nah, ketika kalkulus telah dibersihkan maka terbuka-lah gigi yang sudah mengalami kerusakan tersebut dan terlihat oleh mata or terasa oleh lidah.
Kalau masih ragu, mungkin saya sarankan kembali ke dokter gigi kemudian menyampaikan keluhannya.
Mudah-mudahan bermanfaat.

10 12 2012
Rina

Salam kenal Mas Yuddi..
saya kebetulan sudah lama pengen ke dokter gigi karena karang gigi saya banyak banget, tapi saya selalu merasa takut, akhirnya tadi siang saya berusaha memberanikan diri ke dokter spesialis di RSGM UGM. dokternya bilang gigi saya bagus karena tidak berlubang dan kuat, tapi karangnya sangat banyak, kalau tidak segera dibersihkan bisa membuat gusi jadi rusak. tapi, sepulang dari dokter gigi tadi, sampai sekarang saya belum berani makan, giginya luar biasa ngilu dan kalau ngomongpun berasa kaya ada yang nyangkut di lidah, pertanyaan saya, apakah sensai gigi ngilu ini lama kelamaan akan hilang/berapa lama kira-kira rasa ngilunya hilang, trus saya harus pakai pasta gigi yang khusus gigi sensitif atau gimana yaa untuk mengilangkan rasa ngilu, mohon dijawab yaa mas, ketar ketirrr bangett nih rasanyaa heheeee

terimakasih mas,
salam
Rina

12 12 2012
Yuddi

Salam kenal juga,
Sensasi nya akan berkurang hingga hilang dalam beberapa hari, apalagi selama ini karang gigi nya cukup tebal sehingga akan terjadi proses adaptasi disana. Menurut saya sebaiknya saran dokter gigi setelah scaling diikuti saja, kalau memang tidak diperlukan pasta gigi khusus mungkin memang tidak diperlukan. Yang perlu diperhatikan adalah cara membersihkan gigi dan mulut setelah scaling agar kebersihan mulutnya tetap terjaga. Selamat yah sudah berani ke dokter gigi! :)

salam..

22 01 2013
eghi

salam knal mas yuddi
saya mau nanyak gigi geraham saya banyak yang bolong sampai2 ada beberapa yg tinggal akarnya saja dan gigi disampingnya jadi miring pertanyaan saya apa bisa gigi geraham saya yng miring bisa diperbaiki dengan memakai behel
terimakasi sebelumnya

30 01 2013
Yuddi

Salam kenal Mas Eghi,
Tujuan dari perawatan ortodonsi (pemasangan behel) memang untuk memperbaiki susunan/letak gigi sehingga fungsi gigi dapat kembali normal baik untuk pengunyahan, estetika dll.
Akan tetapi tingkat keberhasilan dari perawatan juga bergantung kepada banyak hal, oleh karena itu saya sarankan untuk ke ortodontist agar dapat memperoleh keterangan yang lengkap hingga rencana perawatan yang lebih detail.

salam,
Yuddi

27 01 2013
nana

halo kak, mau tanya.. biasanya bersihkan karang gigi itu sekitar berapa kak kalo ke dokter? saya tergolong kurang mampu sih ka .. terimakasih

30 01 2013
Yuddi

Halo Nana,
banyak pertanyaan serupa soal biaya membersihkan karang gigi, tetapi sekali lagi-lagi saya mohon maaf karena saya tidak punya cukup informasi untuk itu. Namun mungkin Nana bisa mencoba ke puskesmas yang biasanya tarif perawatannya nggak se-mahal kalau ke dokter gigi swasta. Semoga membantu.

Salam,
Yuddi

26 02 2013
meycueteszmey

pak yudi saya umur 20tahun saya mempunyai kelluhan gigi berlubang kanan kiri tapi di gigi geraham saya terdapat gigi baru..ada maslah gak ya? :)
adakah puskesmas yang dekat dengan jaln gejayan mau ring road utara ada puskesmas untuk bersih kan gigi karang?
ada lagi pernyataan gigi saya atas terdapat karang ggi di dua gigi..haruskah d tambal agr tidak berlubang?
gigi ku yg berlubang giginya sering lapuk tapi gigiinya masih ada sisanya ,kadang sakit di gigi yang lain tersa ada magnit yg narik” karena gigi bawah sama tas beradu tidak mau berhenti seperti kedutan ..tapi sakitnya tidak d bagian gigi yg berlobang,adakah masalah dan
apa perlu d tambal?

26 02 2013
Yuddi

Mbak Mey, kalau ada gigi yang berlubang berarti udah jelas ada masalah kan :). Mungkin sekarang belum sakit, tetapi nanti bila kariesnya makin meluas hingga mendekati kamar pulpa sebagai letak saraf gigi baru akan timbul rasa sakit. So, gigi yang berlubang jelas harus ditambal agar tidak meluas. Apabila sudah meluas hingga ke saraf, perawatan yang dibutuhkan menjadi lebih kompleks karena diperlukan perawatan saluran akar terlebih dahulu sebelum ditambal. Untuk lebih jelasnya sebaiknya memang diperiksakan ke dokter gigi terdekat ya.
Di sekitar lokasi ringroad utara ada 3 puskesmas : Puskesmas Depok I (NANGGULAN,Ringinsari Ds. Maguwoharjo), Depok II (Jl. Leli III Perumnas Condong Catur), dan Depok III (Komp. Colombo No. 50.A Ds. Caturtungga). Silahkan mana yang lebih dekat.

24 04 2013
shinta

Siang mas, saya mau tanya tentang lubang di gigi. Gigi saya berlubang dan terasa sakit (denyut-denyut dan ngilu jika terkena air dingin), periksa ke poliklinik gigi, ditambal sementara oleh dokternya dan dikasih neuralgin (diminum jika sakit kata dokternya). 10 hari lagi disarankan datang lagi untuk ditambal lagi. yang mau saya tanya, lebih baik mana, perawatan tambal atau dicabut? karna jika ditambal saya takut ada kemungkinan sakit lagi. dan untuk karang gigi, bisakah karan gigi dibersihkan saat gigi dalam kondisi sakit dan berlubang. terima kasih sebelumnya.

25 04 2013
Yuddi

Siang,
tentunya lebih baik dengan ditambal. apabila prosedur perawatan dan instruksi dokter gigi ditaati Insya Allah tidak akan ada keluhan selanjutnya.
karang gigi dapat dilakukan dalam kondisi gigi berlubang, tetapi tentunya keputusan dokter untuk melakukan setelah melihat kondisi gigi dan mulut pasien adalah yang utama.

20 05 2013
risma

Saya punya masalah gusi bengkak tapi saya tidak merasa sakit. Bengkak itu sudah lama tidak hilang terus dr gigi bilang harus perawatan akar gigi, sudah sebulan ini setiap minggu saya melakukan perawatan akar gigi dan dr bilang kalau tidak hilang juga bengkaknya berarti harus di cabut giginya. Kemarin saya lihat sudah hilang bengkaknya tapi hari ini bengkak itu ada lagi, kenapa? Apa yang menyebabkan bengkak itu balik lagi? Dan bahayakah?

26 05 2013
Yuddi

@Risma
Sebenarnya agak susah komen tanpa melihat langsung kondisi klinis dan hasil foto ronsen terbaru. Tetapi saya coba sedikit membantu.
“Bengkak” yang terjadi pada gusi di wilayah ujung akar gigi yang telah mati/membusuk itu bisa disebabkan karena nanah akibat infeksi yang terjadi. Bahaya kah? Tentunya bila tidak segera dirawat, kerusakan gigi akan berlanjut dan akhirnya harus dicabut, padahal mungkin saja pada saat awal terjadi gigi tersebut masih dapat dipertahankan. Mempertahankan akan lebih baik daripada dicabut dan harus ompong karena kehilangan gigi kan?

Apabila telah dirawat dan masih ada bengkak, kemungkinan memang masih terdapat bakteri penyebab infeksi, percayakan kepada dokternya untuk mencari jalan keluar hingga proses sterilisasi saluran akar gigi tersebut berhasil dan infeksi dapat dihentikan, dan memang membutuhkan beberapa kali kunjungan. Jangan bosen ya :) semoga giginya cepat sembuh.

31 05 2013
nabila

Assalamualaikum..
pak, karang gigi saya lumayan banyak terutama di gigi bagian bawah, hal itu membuat saya tidak pede saat berbicara..
selain itu, terkadang tiba2 gusi berdarah tanpa ada rasa sakit, gusi saya juga sepertinya tidak kuat (gusi tidak melekat erat pada gigi), sehingga saya bisa melihat karang gigi yang tertutup oleh gusi tsb.
menurut bapak apakah itu termasuk parah ? jika saya melakukan scaling apakah akan langsung bersih dan sembuh ?
terimakasih sebelumnya

2 06 2013
Yuddi

Waalaikum salam,
Wah.. saya tidak bisa menentukan parah/tidaknya kalau tidak melihat secara klinis. Akan tetapi menurut saya kalau sudah seperti itu keluhannya memang butuh perawatan segera. Setelah dilakukan perawatan, karang gigi tentunya telah bersih, dan dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, secara bertahap kondisi gusi akan membaik. Semoga bermanfaat :)

27 06 2013
Ebi

Halo mas Yuddi,
Akhirnya setelah ketakutan k dokter gigi selama bertahun2,dipaksa juga karena wajib medcheck di kantor..hehe..dan barusan dibersihkan karang giginya..Fiuuh,,
Yang mau saya tanyakan,beberapa gigi geraham saya tu sudah parah, mahkotanya tinggal separo karena keropos. Apakah kalau kondisinya seperti itu solusinya selalu harus dicabut ya? atau masih bisa ditambal dan ditambah lagi mahkota tiruan , atau bagaimana? soalnya akarnya sebenarnya kuat, tapi mahkotanya yang habis..membayangkan cabut gigi yang masih kuat itu,,,ngeri, mas..hehe.
Makasi yaah..

3 07 2013
Yuddi

Halo Ebi, selamat yah sudah mengalahkan ketakutannya (walaupun terpaksa ya :D )
Soal geraham yang mahkota giginya sudah hilang, sebenarnya yang bisa menentukan apakah gigi tersebut masih bisa dipertahankan dengan ditambal ataupun dibuatkan mahkota baru itu dokter gigi yang memeriksa. Akan tetapi prinsipnya, pencabutan akan menjadi pilihan terakhir dalam sebuah perawatan ketika cara lain tidak mungkin untuk dilakukan.
So, kuncinya adalah, jangan takut kembali ke dokter gigi dan diskusikan perawatan terbaik yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat :)

21 07 2013
Fuji

Mas, aku hampir 15 tahun ga pernah ke dokter gigi. Gigi geraham saya banyak karang giginya, dan di geraham bawah dan atas bagian dalam sudah terdapat lubang antara gigi dan gusi berwarna coklat, tetapi ga ada lubang di atas giginya. Takut ke dokter gigi coz kalo ngeri dicabut giginya. Kalau scalling bisa disembuhin giginya ga ya mas? Thanks

21 07 2013
Yuddi

Scaling hanya akan membersihkan karang gigi, apabila terdapat lubang tetap dibutuhkan perawatan restorasi gigi. Saat ini dokter gigi pada umumnya memilih pencabutan gigi sebagai langkah terakhir apabila gigi tersebut sudah tidak bisa dipertahankan. So, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan sebelum kondisi giginya semakin buruk :). Salam

22 07 2013
dee

assalamualaikum,
mas mw nnya nih…gigi sya udh sangat byk karang gigi nya bahkan ada yg berwarna coklat, ini kira2 msh bisa scalling gk ya gigi yang terttup karang yang sdh kecoklatan itu…biasanya saat scalling terasa gimna ya mas,,,trus gigi yang habis di scalling kn pst nya akan terlihat berjarak,,,itu bisa skalian dipasngin kawat gigi gk ya?soalnya sya termasuk org yang takut ke dokter gigi dan setelah gigi saya sprti ini ketakutan bertambah jd rasa malu…tapi stlh mmbca bbrp artikel ttg bbrp pnyakit yg bisa d akibatkn oleh karang gigi sya jd merasa ngeri sndiri dan ingin segera ke dokter gigi,sblmnya makasih :)

20 08 2013
dwib

malam mas..
kemarin saya abis foto ronsen untuk perawatan orto. ternyata ditemukan daerah radiopaque di molar dana caninus. tapi yg di molar itu yg besar sekitar 5mm.
itu kira kira kenapa ya mas?saya dirujuk ke SpBM cuma saya masih takut dan takut makin bengkak juga biayanya..
terima kasih dok, ditunggu :)

22 08 2013
Yuddi

Malam..
Wah, kalau kira-kira, mohon maaf saya tidak sanggup ngejawab, kan saya bukan dukun :D. Apalagi saya tidak lihat langsung hasil foto dan pemeriksaan klinisnya.
Akan tetapi yang langkah yang diambil untuk dirujuk ke SpBM menurut saya sebaiknya segera dilakukan untuk mendapatkan jawaban pasti mengenai interpretasi hasil foto tersebut, tentunya penanganan segera juga berarti menghindari pembengkakan biaya di masa yang akan datang bila perawatannya ditunda kan? :)
Mohon maaf ya kalau jawabannya kurang memuaskan.

10 09 2013
arie

mas yudi gigi saya berkarang ni diantara gigi dan gusi itu karangnya keras trus udah ada yg pecah/gompel jadi gigi jadi gak rata. apakah nanti kalau karangnya dibersihkan otomatis kan jadi renggang jarak gigi, itu bisa kembali pulih dan rata kembali gak ya?

12 09 2013
Yuddi

Arie, kalau yang pecah adalah giginya, untuk mengembalikan ke bentuk semula perlu dilakukan restorasi, salah satunya dengan ditambal. Kemudian, karang gigi yang sudah menumpuk memang akan memicu kerusakan gusi dan jaringan pendukung gigi lainnya. Biasanya setelah dilakukan scaling (pembersihan karang gigi), dokter gigi akan memberikan instruksi yang wajib ditaati untuk mengembalikan kondisi jaringan pendukung gigi ataupun memberikan alternatif perawatan selanjutnya apabila diperlukan. Jadi, apakah bisa kembali pulih atau tidak itu bergantung kepada seberapa parah kerusakan yang sudah terjadi. Terima kasih.

12 09 2013
dewi

Saya mau tanya mas..

Kalau baru mau dibersihkan karang gigi saya berasa mual sekali
Setiap ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi selalu ngga jd dikarenakan mual.
Apakah setiap org yg akan dibersihkan karang giginya selalu mual atau hanya saya saja yg merasakannya.
Gimana caranya ngilangin rasa mual itu mas.
Trims

12 09 2013
Yuddi

Tidak setiap orang merasakan seperti itu, walaupun dewi tidak sendirian, ada juga pasien merasakan yang seperti itu. Mungkin bisa dicoba dengan berusaha rileks dan mengatur nafas dengan tenang saat dilakukan perawatan, atau apabila memang tidak berkurang, bisa juga dengan pemberian anestetikum dari dokter gigi yang merawat. Semoga bisa membantu yah.

21 09 2013
April

Saya mau tanya mas..

Gigi depan bawa saya ada karangnya, dan sekarang ini sela-selanya mulai menghitam, kadang2 terasa Kemeng (ngilu). Yang saya tanyakan apa gigi saya ini sudah berlubang? atau rasa ngilunya disebabkan karena hal lain? karena sejak tau gigi saya mulai menghitam saya suka korek-korek pake tusuk gigi. Terimakasih….

3 10 2013
Yuddi

April, warna menghitam itu bisa saja memang karang gigi atau bahkan akibat karies yang sudah terbentuk. Rasa ngilu juga bisa akibat gigi berlubang yang sudah mencapai dentin atau bahkan pulpa, atau terjadi gangguan lain yang mungkin akan lebih bisa ditegakkan diagnosanya apabila telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi. Saran saya, sebelum kerusakan lebih parah, segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Semoga bermanfaat :)

9 10 2013
April

Terimakasih Mas… sangat bermanfaat.
atas saran mas yudi saya ke dokter gigi. setelah diperiksa kemudian dilakukan scaling. ternyata setelah karangnya dibersihkan gigi saya masih bagus dan tak ada lubang sama sekali, tapi yang terjadi sekarang ini kok ngilunya gak hilang2 bahkan hampir 8 hari setelah tindakan scaling.? :)

10 10 2013
Yuddi

Selamat sudah berani ke dokter gigi :). Memang setiap individu memberi respon yang berbeda-beda dengan rasa ngilu. Apabila memang sangat mengganggu sebaiknya kembali ke dokter gigi yang merawat untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Untuk sementara mungkin bisa dikurangi makan makanan yang terlalu panas/dingin/asam dan yang memperberat ngilu nya. Bisa juga dibantu dengan pasta gigi khusus untuk mengurangi rasa ngilu.

24 10 2013
yahediah

Mas, jumpang tanya.. sy baru hbs scalling ke puskesmas gondokusuman 2. Biayanya cukup terjangkau. Saya kena 40rb. Nah setelah scalling, dokgi menunjukkan 3 Buah gigi geraham Saya yg ternyata berlubang meskipun katanya lubangnya masih Kecil N ga dalem. Saya memutuskan untuk Segera ditambal Krn minggu dpn sy ada med check up untuk tes kerja.

Pertanyaan sy, Kira2 jenis tambalan yg sprti apa yg biasanya dilakukan d puskesmas? Sy Lupa tanya soalnya td, saking shocknya.
Terus, saya akan tes kesehatan tgl 2 Nov.Kalau pakai tambalan sederhana takutnya belum 2 nov udh Copot. Bisa gitu ga sih mas? Trims penjelasannya :)

24 10 2013
Yuddi

Hai Yahediah,
Tambalan sederhana itu yang bagaimana yah? hehehe..
Kalau memang lubangnya masih kecil dan belum dalam, bisa kok langsung ditambal dalam satu kali kunjungan. Sepengetahuan saya, pada umumnya sekarang puskesmas sudah menggunakan bahan tambalan sewarna gigi. Nah, mana yang akan digunakan, tentunya hanya dokter gigi yang merawat nanti yg menentukan sesuai diagnosis klinisnya.

20 11 2013
desy

halo mas. saya pengen scaling tapi katanya kalo pake ultrasonic scaler jadinya ntar kena ke gusi trus berdarah darah ya? saya jadi takut :'( kalo ditambal itu sakit gak mas? kan katanya semacam di bor. ih serem :'(

21 11 2013
Yuddi

Halo Des, saya jawab 2 pertanyaannya yah :
1. Kalau memang gusi nya ga bermasalah dan karang giginya ga banyak, scaling dengan ultrasonic scaller ga sampe berdarah-darah kok.
2. Proses pembersihan karies penyebab gigi berlubang memang seringkali menggunakan bur, tapi kalau memang menyebabkan ngilu yang ngga bisa ditahan, bisa kok dilakukan bius lokal pada gigi yang dibur sehingga pasien lebih nyaman.

Semoga segera scaling yah sebelum karang gigi nya makin numpuk :)

11 12 2013
wulan

assalamu’alaikum mas. kenalin aku wulan tinggal dibekasi. pengen sharing aja ,udah lama sih pengen bersihin karang tapi gak berani kedokter gigi. pengalaman waktu kecil disuntik jadi takut hehe. semalem iseng* browsing tentang gigi dan nyasar ke page ini. paginya aku langsung ke rs buat bersihin karang gigi(mumpung libur juga)eh ternyata gigi depan lubang kecil kecil malah sekalian nambal. gak seserem yg aku bayangin ternyata. ngilu dikit sama cape buka mulut .heehe. telat kedokter gigi bikin boros ternyata. beso rutin kedokter gigi ah :D thanks mas buat tulisan yg sudah bikin aku berani ke dr gigi. super (y)

24 03 2014
Yuddi

Waalaikumsalam wr wb.
Wah selamat yah wulan udah bisa “move on” dari takut jadi berani ke dokter gigi. Semoga pengalaman menyenangkan ke dokter gigi itu ditularkan ke temen-temen yang masih takut yak :)

19 03 2014
dewi

pagi mas ….saya mau nanya..gigi bagian depan saya ada lubang sedikit,,say ke dokter gigi mau nambal…tapi menurut dokternya tidak perlu dulu..soalnya lubang masih kecil…pertanyaan saya..apa iya kalau kita nambal semakin lama lubang semakin besar..dan gigi depan saya yg lain juga ada tambalan sehingga keliatan ada titik hitam ..jadi gak pede kalau senyum…apa ada solusi ya mas..
Terima Kasih

24 03 2014
Yuddi

Pagi Dewi,
1. Melakukan restorasi gigi memang diawali dengan melakukan pembersihan karies yang menempel pada gigi. Seringkali dokter gigi terpaksa harus melakukan pengurangan bagian gigi yang ekstrim agar karies itu hilang, akibatnya lubang yang menurut pasien tadinya kecil, jadi membesar.
2. Garis hitam atau titik hitam yang muncul di sekitar tambalan itu bisa saja terjadi karies atau terjadi perubahan warna/diskolorisasi di daerah tersebut. Untuk melakukan perawatan, kemungkinan tambalan tersebut perlu dibongkar. Bila karena karies, maka kariesnya dibersihkan kemudian ditambal lagi. Namun bila karena perubahan warna, maka dibutuhkan prosedur bleaching (pemutihan gigi) pada bagian tersebut sebelum dilakukan restorasi (mengembalikan bentuk dan fungsi gigi).
Semoga bisa dipahami.

16 04 2014
indah tanjung

Hallo mas yudi , saya indah , saya juga ada masalah sama gigi , karang gigi saya udah banyak dan bikin gak pd hehe tapi saya search pembersihan berkisar rp.300 kantong lagi kempes biasa kuliah hehe , yg saya mau tanya klo bersihin karangnya dipuskesmas gimana ya mas ? itungĀ² biayanya sedikit lebih murah hehehe tapi klo dipuskesmas bahaya gak sih mas ? makasii :D

5 05 2014
Yuddi

Halo Indah,
Wah, sebaiknya segera saja dilakukan scaling supaya karang giginya tidak sampai merusak jaringan periodontalnya.
Prinsipnya sih selama dilakukan oleh tenaga profesional maka tindakan scaling akan aman dilakukan di mana aja. Termasuk di Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang dilakukan oleh koass juga aman karena dilakukan dibawah supervisi dosen yang sudah berpengalaman.
Scaling di puskesmas, seandainya memang puskesmas memiliki peralatannya aman aja kok. Cuman biasanya ngga banyak puskesmas yang tersedia pelayanan itu. Semoga bermanfaat.

20 04 2014
dewicintya

Gigi saya banyak skali terdapat karang gigi & gigi berlubang bnyk terkdng klo sikat gigi terjadi pendarahan juga jdi nafas bau. apa masih bisa disembuhkan dok,?

22 05 2014
Yuddi

Insya Allah dokter gigi akan mengusahakan yang terbaik untuk menghindari pencabutan gigi yang rusak. Mengenai sejauh mana masalahnya dapat teratasi tentunya dokter gigi yang melakukan perawatan dan melihat secara langsung lah yang dapat memberikan jawaban. :)

21 05 2014
Etris Febrianti

dok, gigi seri saya dua” nya keropos di bagian atas. saya berniat scaling untuk kemudian ditambal nya. akan tetapi gigi yang bersangkutan salah satunya ada yang gingsul. pertanyaan nya? apakah nanti hasil tambalannya akan gingsul juga? apa sy hrs memakai kawat gigi terlebih dahulu? sedangkan giginya kan keropos smpai ke dalam.. atau apakah bisa setelah ditambal bisa melakukan proses pemasangan kawat gigi? apa tidak akan merusak tambalannya dok? trimakasih :)

22 05 2014
Yuddi

Restorasi/menambal gigi tujuannya adalah untuk mengembalikan bentuk dan fungsi gigi tersebut, jadi bisa saja apabila gigi tersebut gingsul akan tetap seperti itu pula setelah dilakukan restorasi. Untuk pemasangan kawat gigi, sebelumnya dilakukan nanti akah dilakukan serangkaian pemeriksaan yang menentukan bagaimana pemasangan kawat giginya agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Kalau kerusakan giginya, selama dijaga kebersihan dan kesehatan gigi mulutnya tentu kerusakan yang terjadi dapat diminimalkan.

23 05 2014
Shinta

mas yuddi, jenengan dari FKG UGM Angkatan berapa?

28 05 2014
Yuddi

saya angkatan 98.. mbak shinta angkatan brp?

30 05 2014
Shinta

saya bukan alumni fkg ugm mas yuddi :p , tapi dokter gigi (favorit) saya alumni ugm lulus tahun 97 kalo gak salah beliau cerita, namanya owin bambang wijanarko, sekarang praktek di RSI Klaten, dia sudah ambil spesialis prostodonsia tahun lalu, mungkin kenal??

Tapi walopun drg favorit, tetep saja 2 minggu yang lalu saya cabut akar gigi geraham saya, entah bagaimana kok meh semaput yaa, hahahaha mungkin saking nervous nya yaa hadeehhh

3 06 2014
Yuddi

Wah, pasiennya senior saya ya. Tapi sepertinya pas beliau lulus saya belum masuk.
Gpp nervous yg penting tetap konsisten merawat giginya supaya tetap bisa dipertahankan sampai tua :).

4 06 2014
Shinta

boleh tanya lagi hahahaha…., anak saya yang sulung sudah berusia 5 tahun, dan syukurlah dengan usaha saya mendisiplinkannya menggosok gigi dengan rutin, gigi si kakak bisa bagus, lalu…apakah sudah perlu mulai saya biasakan juga kontrol gigi 6 bln sekali itu??ato menunggu gigi susunya ada yang tanggal dulu??

12 06 2014
Yuddi

Kebiasaan mengontrol gigi 6 bulan sekali itu sebaiknya dimulai sejak dini. Bahkan dianjurkan sejak pada awal-awal pertumbuhan gigi susu, dengan demikian akan terbentuk kebiasaan baik untuk mengontrol kesehatan gigi dan mulut pada anak tersebut. Saran saya, sebaiknya segera melakukan kontrol apalagi usia usia tersebut sudah memasuki waktu waktu pergantian gigi agar pertumbuhan gigi tetapnya nanti maksimal.

7 07 2014
ridwan

mas saya mau tanya nih..
dari beberapa minggu yang lalu saya melakukan perawatan gigi, diantaranya ada 1 yg dicabut dan ada 1 yang di tambal..
nah untuk gigi yang di tambal ini pas tambalan ke-1 dan ke-2 itu baik2 aja, tapi pas saya melakukan tambalan yg ke-3 kalinya atau yang permanen awalnya gigi saya baik2 aja.. tapi 3 hari kemudian gigi saya yg di tambal tersebut mulai terasa sakit, sakitnya itu cuma kalo di teken aja, dan mulai seikit goyah..
pertanyaannya apa gigi saya yang di tambal itu baik2 aja? memang digigi tsb ada karang giginya, dan emang saya berencana mau ke dokter gigi lagi buat melakukan skelling, tapi dengan kondisi gigi seperti itu apa tidak apa-apa?

terimakasih sebelumnya mas :)

9 07 2014
Yuddi

Mas Ridwan,
apakah tambalannya masih sedikit menonjol/tinggi, ditandai dengan rasa mengganjal saat digunakan menggigit? kalau memang seperti itu sebaiknya segera kembali ke dokter gigi agar peradangan yang terjadi pada jaringan pendukung gigi akibat tekanan yang berlebihan tidak menyebabkan gangguan yang semakin berat.

13 07 2014
ridwanf

tambalannya gak menonjol mas, cuma pas waktu klimaks sakitnya sakit banget kali keteken dikit ama gigi atasnya n emang kerasa jadi sedikit menonjol ke atas giginya..
tapi sekarang sakitnya berangsur-angsur menghilang, dan sekarang gabegitu sakit kalo di teken juga (sakit tapi dikiit banget, hampir ga kerasa)..
apa itu udah mau sembuh? atau baiknya tetep ke dokter gigi saya lagi ya?

5 08 2014
Yuddi

kalau memang karena tambalannya terlalu tinggi, sakit yang berangsur menghilang itu bisa aja karena relasi rahang atas dan bawahnya secara bertahap menemukan posisi baru. saran saya, sebaiknya tetap ke dokter gigi untuk diperbaiki.

11 07 2014
zivara ellya vanezha

Selain planing.N scalling gk da cara lain ta

11 07 2014
Yuddi

Cara terbaik adalah mencegah terbentuknya karang gigi dengan membersihkan gigi dan mulut dengan benar dan teratur dan menjaga selalu dalam kondisi terbaiknya :)

26 07 2014
ismail

Knp y klo k dokter gigi merbersikn karng gigi g sekaligs memberskn karmg gigix?

5 08 2014
Yuddi

maksudnya gimana ya pak? saya kurang paham..

19 08 2014
Ila

Mas, salm kenal
pengen nanya nih mas, gigi aku gak rapi banget ,aku pengen pake behel gigi, tapi takut kata nya behel bisa bikin mulut jadi monyong, trus gmna mas ?

20 08 2014
Yuddi

Salam kenal Ila..
Pemilihan dan jalannya perawatan kawat gigi/behel yang tepat pasti akan meminimalkan kejadian-kejadian tidak diinginkan. Saya sarankan Ila untuk melakukan perawatan ke dokter gigi yang ahli atau kalau memang ada di kota tempat tinggalnya ke dokter gigi spesialis ortodonsia yang memang khusus menangani kasus-kasus ortodonsia.
So, segera ke dokter gigi nya untuk mendapatkan informasi lebih akurat ya.. :)

12 09 2014
boneticha

Salam kenal mas, gak sengaja nemu blognya hehe
Saya kemarin habis scaling trus pas udah pulang iseng2 loat kuitansinya, disitu tertera “RA & RB gingivitis kronis generalisata etcausa kalkulus”. itu artinya apa ya mas? saya penasaran soalnya hehe.

14 10 2014
yuli

salam kenal mas yudi..,
saya pernah baca di puskesmas tarif untuk pembersihan karang gigi (3 regio) yaitu 30.000/regio

maksudnya apa ya mas yudi regio itu.., saya kurang mengerti jadi harus membayar berapa untuk pembersihan karang gigi atas dan bawah.

terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s