Sikat Gigi versus Dental Flossing

30 07 2009

Beberapa hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral secara seimbang; menghindari mengkonsumi makanan yang terlalu manis; mengurangi konsumsi minuman ringan berkarbonasi yang mengandung asam karena dapat merusak lapisan email; sedapat mungkin untuk tidak merokok kerena rokok dapat menyebabkan pewarnaan pada gigi, mengganggu pernafasan, dan meningkatkan resiko ganggungan pada gusi. Selain itu, membersihkan gigi merupakan bagian penting dalam upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kali ini saya akan mencoba membagi sedikit informasi tentang cara membersihkan gigi yang cukup dikenal masyarakat, yaitu dengan menggunakan sikat gigi dan dental floss.

Sikat Gigi

SikatgigiA

Sikat gigi merupakan cara membersihkan gigi yang cukup konvensional dan sangat dikenal masyarakat luas. Dalam memilih sikat gigi, yang perlu diperhatikan sebaiknya dengan memilih sikat gigi berpegangan yang nyaman dan kuat, bulu sikat yang lembut dan membulat, serta kepala sikat yang sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau daerah terdalam dari rongga mulut. Apabila diperlukan, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan sikat gigi khusus, misalnya sikat gigi khusus untuk mereka yang menggunakan kawat gigi, ataupun menggunakan sikat gigi elektrik.Menyikat gigi sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar dapat membantu mencegah pembentukan lubang pada gigi. Cara menyikat gigi yang benar dapat dilihat pada langkah – langkah  berikut :

Sikatgigi1Langkah 1 : Awali dengan menyikat permukaan luar dari gigi atas

Langkah 2 : Sikat gigi secara sistematis dari bagian kira kemudian ke depan dan lalu ke kanan.

SIkatgigi2Langkah 3 : Seperti pada langkah (1) dan (2), lakukan cara yang sama pada permukaan luar gigi bawah.


Sikatgigi3

Langkah 4 : Selanjutnya sikat permukaan dalam dari gigi atas.

Langkah 5. Seperti pada langkah (2) sikat secara sistematis dari bagian kiri kemudian ke depan dan lalu ke kanan.

Sikatgigi4Langkah 6. Lakukan langkah (4) dan (5) pada gigi bawah.


Sikatgigi5Langkah 7 : Kemudian sikat permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah baik pada gigi atas maupun gigi bawah


Frekuensi menyikat gigi yang dianjurkan minimal 2 kali sehari terutama saat sebelum tidur. Sangat disarankan untuk menyikat gigi setelah makan, namun apabila menyulitkan cukup dengan berkumur minimal 20 detik untuk menghilangkan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Perlu diingat juga untuk mengganti sikat gigi maksimal setiap 3 bulan atau segera setelah bulu-bulu sikatnya mulai rusak karena sikat gigi yang masih baik dapat menghilangkan plak 30% lebih efektif dibanding sikat gigi yang sudah rusak. Upayakan untuk tidak menggunakan sikat gigi secara bersama-sama dengan siapapun, dan apabila telah selesai digunakan jangan letakkan sikat gigi pada sembarang tempat, posisi terbaik untuk menyimpan sikat gigi adalah dengan posisi tegak dan kepala sikat berada di atas.

Dental Flossing

FlossingOCara lain untuk membersihkan gigi selain menggunakan sikat gigi adalah dengan menggunakan dental floss yaitu semacam benang yang terbuat dari bahan sutera (biasanya sintetis). Walaupun banyak yang belum terbiasa, akan tetapi membersihkan gigi dengan dental floss dianggap lebih efektif karena dapat menghilangkan lebih dari 60 % plak gigi terutama yang tersembunyi di antara gigi dan gusi dan tidak terlihat di bagian permukaan.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan dental floss :

Flossing1FlossPickLangkah 1 : Ambil sekitar 45 cm dental floss, kemudian lilitkan pada jari tengah di masing-masing tangan dan sisakan sekitar 4 cm.

Langkah 2. Regangkan dengan kencang menggunakan jari telunjuk dan ibu jari.

Atau dapat juga digunakan dental floss pick yang sudah tersedia bebas di apotik atau toko dental.

FlossingALangkah 3 : Arahkan dental floss yang diregangkan di antara gigi. Saat dental floss mencapai batas gusi, lekuk menjadi seperti huruf C berlawanan dengan permukaan gigi. Gerakkan secara perlahan ke atas, bawah , depan, dan belakang untuk membersihkan permukaan gigi.


FlossingBLangkah 4 : Selanjutnya pindahkan dental floss ke gigi yang berdekatan (gigi di sebelahnya) dan bersihkan dengan cara yang sama seperti langkah (3).


FlossingC Langkah 5 : Dengan gerakan menyerupai gergaji, keluarkan dental floss setelah seluruh permukaan selesai dibersihkan.

Lakukan langkah yang sama (1) sampai (5) pada gigi yang lain. Coba untuk bersihkan gigi bagian depan terlebih dahulu sebelum pindah ke gigi bagian belakang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dental flossing ini di depan kaca. Waktu terbaik untuk melakukan dental flossing, seperti juga dengan sikat gigi, adalah sebelum tidur. Apabila terjadi perdarahan saat dibersihkan dengan dental floss, artinya kondisi gusi tidak sehat seperti seharusnya. Ulangi pembersihan ini setiap hari dengan cara yang benar, maka perdarahan akan berhenti. Apabila perdarahan tidak berhenti, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi.

Mana yang terbaik diantara kedua pilihan di atas? Berdasarkan pertimbangan efektifitas, jelas membersihkan gigi dengan dental flossing lebih efektif. Namun, dengan keunggulan penggunaan pasta gigi yang dapat memberikan tambahan kandungan fluoridanya, maka kombinasi dari keduanya akan dapat memberikan nilai tambah. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar :




Actions

Information

3 responses

17 02 2013
Download Game Baru

Sip Gan…..
makasih informasinya.

14 12 2013
bamarzuq

Sumbernya dari mana gan? Minta sitasi dan dapusnya dong hehehe.

16 12 2013
Yuddi

sudah saya posting sumbernya di atas, monggo diolah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s