Berbagai tips berobat ke dokter gigi

14 07 2008

Kali ini, saya ingin membagi berbagai tips yang sudah ditulis oleh beberapa orang. Untuk menulis ini sebenarnya diperlukan pengalaman, entah sebagai dokter gigi/perawat ataupun sebagai pasien sendiri. Tulisan ini tidak bermaksud menakuti atau bahkan membohongi, tapi percayalah tips-tips ini akan membantu dalam mengatasi masalah-masalah (terutama psikologis) dalam berkunjung ke dokter gigi.

Tips mengatasi panik saat di dokter gigi (conectique.com)

  • Bicarakan saja kepada dokter gigi Anda agar mereka dapat mengerti dan bisa membantu membuat Anda nyaman.
  • Atur jadwal ketika Anda memiliki banyak waktu sehingga Anda tidak akan merasa terburu-buru. Misalnya : Sabtu sore.
  • Bawa serta mp3 atau ipod Anda. Musik yang menenangkan bisa membantu Anda melupakan rasa gugup ketika Anda ke dokter gigi.
  • Bayangkan diri Anda berada di tempat lain yang Anda sukai. Contoh: Pantai, taman bersama keluarga atau seseorang yang Anda kasihi.

Atau tertarik mencoba tips yang ini (A Simple Fun Notes) :

  • Buka mulut sebelum disuruh membuka lebar-lebar. Apabila takut dengan bor, tidak usah malu. Seorang dokter gigi yang baik memahami perasaan dan pikiran sang pasien. Jangan ragu untuk mencari dokter gigi yang cocok.
  • Minta demo. Minta kepada dokter gigi untuk menerangkan prosedur yang belum kita ketahui langkah demi langkah dan minta ia menunjukkan cara menggunakan peralatannya. Tanyakan apa yang akan dirasakan ketika prosedur itu dijalankan.
  • Beritahukan isyarat yang akan kita berikan. Minta kepada dokter untuk memberitahu setiap kali ia akan menekan atau menusuk, sehingga kita sempat menyiapkan diri, dan sepakati isyarat yang akan kita berikan ketika kita ingin istirahat atau berkumur dulu.
  • Gunakan teknik relaksasi. Cobalah bernapas dalam-dalam, konsentrasi pada pengalaman yang menyenangkan, misalnya saat berlibur di pantai atau mendengarkan musik kesukaan melalui headset untuk menenangkan.
  • Minta pereda nyeri lebih banyak. Apabila membutuhkan asestesi ekstra, jangan ragu untuk memintanya. Orang jarang sampai harus diberi obat penenang, tetapi dokter bisa menyediakannya apabila kita membutuhkan.
  • Cari pertolongan dari profesional. Apabila rasa takut kita sangat mengganggu, cari informasi tentang klinik dental phobia. Atau minta kepada dokter gigi untuk merujuk kita ke seorang psikolog yang akrab dengan masalah dental phobia.

Kalau ini tips yang lebih klinis (Senyum Itu Sehat) :

  • Persiapan mental : relaks, jangan panik, jangan stress, panik dan stress akan meningkatkan tekanan darah dan membuat perdarahan sulit berhenti. Bila resah katakan terus terang kepada dokternya, karena bila perlu akan di beri obat penenang.
  • Persiapan fisik : minum obat yang di berikan sebelumnya sesuai petunjuk dokter, malam sebelum eksekusi jangan ke diskotik begadang; tidur cukup dan makan terlebih dahulu kira-kira 1-2 jam sebelum eksekusi dilaksanakan. Persiapan ini dimaksudkan untuk menjaga tekanan darah dan gula darah anda dalam keadaaan normal, Bila tekanan darah tidak dalam batas normal maka pencabutan bisa di tangguhkan karena hal tersebut dapat menyebabkan perdarahan sesudah pencabutan, Demikian pula kadar gula yang rendah menyebabkan pasien menderita hypoglikemia, sedangkan kadar gula tinggi mempersulit penyembuhan luka pasca pencabutan selain itu juga infeksi sulit terkontrol.

Tidak susah bukan mengatasi masalah-masalah psikologis saat berkunjung ke dokter gigi ? Ada 1 hal lagi yang menurut saya penting tetapi belum disebutkan di atas. Sebaiknya anda tidak perlu ragu untuk menanyakan berapa biaya perawatan yang harus dibebankan, atau kalau perlu cobalah menanyakan alternatif perawatan lain yang lebih murah. Jangan khawatir, ini bukan tawar menawar seperti di pasar akan tetapi lebih kepada kenyamanan dan kebebasan memilih.

Selamat Mencoba!


Actions

Information

19 responses

14 07 2008
Gelandangan

emank dok gigi itunjarang sekali dirawatnay buktinya saya sendiri nanti sakit bru dirawat😀

15 07 2008
Yuddi

@gelandangan

sudah jamak untuk orang-orang di negara berkembang (kapan maju majunya yah kita? hihihi) kalo perawtaan gigi itu jadi perawatan tersier, di akses kalo sakit. ada banyak alasan selain alasan biaya… juga takut.. hehehhe..
anda takut ga sama dokter gigi?😀

salam,
Yuddi

17 07 2008
deasy

knapa ke dokter gigi bayarnya mahal???
hayo jawab!!!….

17 07 2008
Yuddi

@ deasy
Kenapa yah mahal? Setahu saya mahal atau tidak itu bergantung kepada pasien sendiri yang memilih tempat perawatan. Bisa di puskesmas, rumah sakit, klinik swasta ataupun klinik VIP. Di semua tempat dilayani dengan dokter gigi kan, perbedaan investasi, maksud dan tujuan organisasi berpengaru h pada kebijakan tarif pelayanan. Dan itu semua ada untuk di pilih. Deasy pilih yang mana?
Faktor lain juga, kebanyakan pasien datang ke dokter gigi dengan kerusakan yang sudah parah sehingga memerlukan tindakan yang lebih kompleks dan itu tidak murah. Bayangkan seandainya rutin kontrol ke dokter gigi setiap 3 atau 6 bulan sekali, pasti biaya perawatan giginya bisa di tekan. Coba deh…

salam,
Yuddi

19 07 2008
Silly

coba lihat posting saya yang diblog lama, tentang kedokter gigi… Matenggg saya… hahahaha

Pokoknya dalam hidup saya… satu2nya yang paling saya takuti adalah … DOKETER GIGI!!!

gak tahu kenapa… udah berusaha diilangin tapi tetep takut aja, hehehe

19 07 2008
Yuddi

@Neng Silly

Iyah dan saya juga sempat meninggalkan jejak kata disana.
Tenang, anda tidak sendiri kok. Tapi, jangan takut sama orgnya meski kadang takut sama profesinya memang diperbolehkan.
Enak loh jadi dokter gigi itu, bikin takut, bikin sakit, ngambil sesuatu dari mulut pasien, eh masih dikasih duit.. Hehehehe

Salam,
Yuddi

20 07 2008
kishandono

kalo saya tidak bermasalah kalo ke dokter gigi, karena sakitnya tu gigi kalo dibiarkan. walopun masih lebih baik sakit gigi daripada sakit hati

20 07 2008
Yuddi

@kishandono
Wah .. baru anda yang bilang kalo mending sakit gigi daripada sakit hati.. hehehe..

Sakit gigi itu kalo ga segera di obatin, besok-besok bakal nongol lagi sakitnya..

salam,
Yuddi

28 07 2008
Kadut

Paling takut ke dokter gigi, gw udah 10 tahun blm ke drg lagi, skrg gigi gw bolong en ngilu

29 07 2008
Yuddi

@Kadut
Wah, padahal kalau rajin ke drg, giginya ga bakal sampe bolong dan linu loh mas🙂

3 08 2008
deasi

gambar dokter gigi obengnya lucu bgt tuyh mas hehehe…
*maap kalo OOT yah🙂

7 08 2008
estina

saya mau di kawat gigi… jadi kata bu dokter gigi saya musti dicabut…. kemarin baru di cabut 1.. hiks.. hiks… kenapa ya abis di cabut giginya, diriku pngsan…. jadi takut.. padahal… kurang 1 lagi minggu depan cabut gigi 1 lagi…
knp y…. kok aku bs pingsan.. seremmm……….😦

7 08 2008
Yuddi

@deasi
hehehe… coba ajah di telusur ke web aslinya.. banyak gambar2 lucu di sana🙂

@estina
mungkin estina masih belum bisa mengalahkan rasa takutnya, jadi stress berlebih, trus… berlanjut.. berlanjut.. pingsan deh..😀
kalau dokter gigi berani melakukan pencabutan. itu berarti secara fisik, estina sehat, jadi coba mengalahkan ketakutannya saja..

selamat mencoba!😀

29 10 2008
luve isdia

kalo bersihin karang gi2, butuh waktu berapa? hm……….. biayanya kira2 berapa ya?

31 10 2008
Yuddi

@luve_isdia
Kalau menjawab soal butuh berapa lama itu tergantung kategori karang giginya. Bisa hanya 15 menit bahkan bisa lebih dari 1 jam .. makin berat kasusnya, bisa makin lama…

Kalau soal biaya, wah.. ini sangat bergantung pada lokasi dan investasi masing-masing dokter gigi yah.. jadi saya ga bisa jawab🙂

12 01 2010
Andre

Waduh gigi saya mw sudah banyak yang bolong nich kebiasaan waktu kecil makan coklat….sekarang baru merasakan sakit…..mw ke dokter gigi masih agak takut,,,bagaimana dong???

13 01 2010
Yuddi

ga ada jalan lain nih .. rasa takutnya harus dibuang supaya berani ke dokter gigi..
kalo ga segera ditanggulangi, kerusakan di giginya akan jalan terus, lama-lama giginya makin rusak.

28 01 2010
sardius

soal biaya ni kalo ke dokter gigi biayanya kena brapa ya soalnya gi2 ku bolong ni ada 4 sakittttttttttttttttt nniiiiiiiiiiiiiiiii aduuuuuuuuuuuu please help me urgent

1 02 2010
Yuddi

waduh sekali lagi mohon maaf kalo soal biaya saya tidak bisa banyak membantu apalagi kasusnya kan memang belum tau.
Untuk lebih jelas mungkin sebaiknya langsung ke dokter gigi, sekedar konsultasi dulu di awalnya sekaligus menanyakan biayanya juga gpp kok.

Sebelum kerusakannya makin parah dan makin sakit sebaiknya segera ke dokter gigi saja… Semoga cepat sehat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s