Intermezzo : Bolehkah saya tau ?

12 05 2008

Sebelumnya saya ingin mengabarkan kalau tulisan ini sekedar mengisi kesenggangan saat saya sedang tidak sempat mengupdate blog ini. Mungkin nantinya masukan dari teman-teman akan sangat bermanfaat buat saya menambahi daftar tulisan di blog ini.

Begini teman-teman (ehm.. ) bolehkah saya tau sebenarnya masalah yang sering teman-teman hadapi berkaitan dengan urusan kesehatan teman-teman itu apa yah? O iya, sebelumnya saya perjelas dulu bahwa saya tidak bertanya tentang penyakit yah, jadi kalau yang bermasalah dengan penyakitnya dan di tulis di sini (ngarep niiyh..) sebelumnya saya minta maaf karena saya tidak sanggup mengomentari ataupun memberikan tanggapan. Maksud saya dengan masalah itu adalah masalah seputar :

1. Tenaga Medis : mungkin saja ternyata ada diantara teman-teman yang bernasib sial bertemu dengan dokter/dokter gigi atau bahkan perawat yang sangat “menyebalkan” atau bahkan “meragukan” (silahkan diterjemahkan sendiri yah) baik dari sisi pelayanan maupun keterampilan.

2. Administrasi : mungkin juga teman-teman merasa selalu mendapat kendala berkaitan dengan proses administrasi, misalnya pengurusan asuransi/fasilitas kesehatan ataupun proses rujukan dan lain lain, atau mungkin ketidaknyamanan yang diterima dari petugas sejak teman-teman datang hingga pulang.

3. Fasilitas : nah biasanya hal ini sering yang jadi keluhan terutama dari kalangan ekonomi menengah ke atas yang merasa kurang yakin apabila dilayani dengan alat-alat berteknologi “sedikit dibelakang”.

4. Dan lain lain di luar kategori di atas.

Harapan saya apabila postingan kali ini menarik minat teman-teman untuk memberi respon balik kepada saya, nantinya akan ada diskusi yang baik dan evidence-based sesuai dengan apa yang teman-teman hadapi.

Terakhir, mohon maaf sekali bahwa sebenarnya saya tidak ingin sok pandai atau sok mengerti, hanya ingin menjembatani sedikit yg saya tau dan kenyataan yang teman-teman alami dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Mungkin malah nantinya antar teman-teman sendiri bisa berbagi di sini.

Matur nuwun terima kasih.


Actions

Information

4 responses

14 05 2008
-de-

itu loh…. kalo aku pergi ke klinik 24 jam, dokter2nya kok suka keliatan kurang meyakinkan yah😉
tapi buat pergi ke UGD juga aku suka agak serem, soalnya kesannya kok punya sakit berat kalo pergi ke RS🙂
laluuu…kalo dokter2 yg udah banyaaaaak bgt pasiennya itu suka pada susah diajak ngobrol agak lama sedikit yah ? bawaannya pegang2 dikit trus kasih resep trus nyuruh pulang hehehe…
apa ada sanksi buat hal2 seperti ini ??? kemana pasien bisa ngadu ???

3 06 2008
Yuddi

biasanya institusi pelayanan kesehatan punya posko pengaduan baik melalui telpeon maupun kotak saran, nah dari situ kemudian nanti akan di bahas masalah2 yang timbul.. hanya masalahnya.. belum semua yg bener2 memanfaatkan dengan baik.. gmn donk?😀

26 09 2008
limpo50

semua 4 yang anda tulis, memang menjadi sumber masalah…
BERAT…
solusinya hanya perbaikan mutu pendidikan kesehatan, tapi kapan mereka yang payah itu diganti ?
yang harus mengganti yang perlu diganti.
THE BOSSSSSSS.
Salam

26 09 2008
Yuddi

@Pak Limpo
Ha ha ha .. saya setuju kalau ada perubahan (mungkin penggantian). Tapi, masalahnya… bahkan tidak ada celah bagi seorang PNS (kebetulan saya berasal dari PTN) untuk diganti senyampang yang bersangkutan tidak melakukan kegiatan yang melawan hukum. Bahkan, kadang apabila yang menjadi pimpinan adalah bawahan yang bersangkutan pun, tetap tidak mampu melakukan apa-apa. Feodal bukan? Itulah cerminan pendidikan di negeri kita ini Pak.

Celakanya lagi, sebagai orang jawa, saya dilatih untuk “mikul dhuwur mendhem jero”. Makin beratlah posisi saya Pak. Hahaha…

Salam,
Yuddi

Leave a Reply

