Tenaga medis harus bisa komputer

21 04 2008

Teknologi kedokteran berkembang sangat pesat. Hampir tak terbendung dalam 1 hari terdapat puluhan, ratusan bahkan mungkin ribuan jenis kemajuan dalam bidang kedokteran. Kemajuan ini menuntut penguasaan teknologi menjadi sebuah keharusan. Namun, apa yang terjadi? Banyak sekali tenaga medis kita yang tidak familiar dengan itu semua. Bahkan mengoperasikan Personal Computer (PC) pun baru sebatas menggunakan fasilitas Office dan main game.

Beberapa kejadian yang membuat saya sedikit terkejut adalah ketia saya dikirim dalam tugas (formal dan non formal) pada beberapa institusi kesehatan, terutama milik pemerintah, sering saya dengar beberapa perkataan :

Ah, mas kami ini sudah tua, sudah nggak bisa make komputer buat bikin itu…

Mending saya mengajukan pensiun dini aja daripada saya harus bekerja dengan komputer, Mas.

Nanti aja mas ngeliat datanya kalo orang yang bisa komputer masuk

Aneh aja rasanya ketika dunia sedemikian pesat mengalami kemajuan, tetapi mereka tidak tertarik untuk ikut bersaing dalam kemajuan ini. Lalu bagaimana nasib pasien dan segenap orang yang bergantung nyawa pada mereka ? Akankah menunggu mereka bisa komputer dulu ? Tidak kan ?

Angin segar sempat saya rasakan ketika mengetahuin banyak pimpinan institusi kesehatan yang mengirim bawahannya bahkan dirinya sendiri untuk ikut kursus komputer sehingga tidak di anggap ketinggalan jaman. Ini berarti institusi itu sudah mulai mempersiapkan diri untuk ikut bersaing dalam era global. Usaha – usaha ini, tentunya akan memerlukan waktu, namun perlu kita hargai.

Bisa di bayangkan ketika dunia kedokteran dituntut untuk mengedepankan evidence based medicine dan eviden based dentistry tetapi mereka-mereka yang terlibat didalamnya tidak tau bagaimana mencari evidence based terbaru dan hanya menunggu jurnal ataupun majalah hard copy yang entah memuat kemajuan beberapa tahun yang lalu itu. Oleh karena itu, tenaga medis pun harus bisa komputer !


Actions

Information

2 responses

27 04 2008
bundazka

wahhh bnr banget yaaa YUd, hari gini mah udah jamannya internet, bukan indomi telur kornet tapi…

jadi inget, dl kenapa yaa, saat ngerjain skripsi, berkutat di perpus dgn jurnal2 jaman jebot bt referensi! dan jsutru ama dosennya source dari inet diragukan.

wah lucunya lagi, transparansi dosennya masih pake ejaan lama,wah..wah…….*merana*.

Ya,smg smkn byk tenaga medis yang bergumul dan terbiasa dgn komputer yaaa..

27 04 2008
Yuddi

senang kalau ada teman se-ide…

tapi memang begitu kenyataannya.. meski sekarang sangat menyenangkan ketika tau bahwa semakin banyak teman-teman tenaga medis yang sudah gape pegang komputer ..

makasih yah chi..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s