Mengapa harus Asuransi Kesehatan ?

21 04 2008

Biaya kesehatan, khususnya perawatan rehabilitasi dan perawatan kuratif tidak akan pernah murah meski tidak berarti tidak akan pernah terjangkau. Di Indonesia khususnya, dimana banyak masyarakatnya ternyata belum berfikir secara integral untuk menjadikan kesehatan sebagai sebuah investasi, pasti masalah perawatan kesehatan akan menjadi momok yang sangat menakutkan. Bahkan ekstrimnya, ayah saya sendiri yang notabene sering berdiskusi dengan saya perihal asuransi kesehatan masih menganggap bahwa investasi kesehatan itu tidak nyata dan malah dianggap institusi yang mendoakan kesakitan nasabahnya. Cukup ironis kan?

Tingginya biaya kesehatan ini bukan tanpa solusi, ada beberapa solusi baik dari pemerintah ataupun swasta. Salah satu pemecahan masalah biaya kesehatan adalah dengan asuransi kesehatan. Tidak asing bukan di telinga anda sekalian? Kalau menurut definisi dari wikipedia , asuransi kesehatan merupakan sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.  Dengan melakukan investasi dalam bentuk asuransi kesehatan, dimungkinkan  masyarakat tidak perlu khawatir dengan kejadian mendadak yang menimpanya baik untuk rawat inap (inpatient treatment) ataupun rawat jalan (outpatient treatment).

Investasi dalam bentuk asuransi kesehatan mewajibkan yang bersangkutan untuk membayar sejumlah uang selama periode tertentu sebagai premi. Selama itu pemegang polis asuransi akan mendapatkan cakupan layanan kesehatan sesuai dengan premi yang di bayar. Memang, hak yang diterima anggota asuransi menyesuaikan dengan premi yang di bayarkan, tetapi  ini merupakan langkah positif untuk membiasakan masyarakat menabung baik untuk dirinya dan keluarganya.

Kemudian, bagaimana dengan masyarakat yang sangat miskin sedemikian rupa, sehingga tidak mampu mengikuti asuransi kesehatan? Nah disinilah peran pemerintah dalam melaksanakan amanah yang diberikan kepada mereka untuk mensejahterakan masyarakat. Meski sampai saat ini masih banyak kekurangan pemerintah di sana sini dalam hal ini, tapi saya tetap optimis bahwa suatu hari nanti akan tiba masa-masa terbaik untuk bangsa ini.


Actions

Information

One response

12 05 2008
JAMKESMAS sebuah solusi ? « Sehat Untuk Semua

[…] · No Comments Masih inget tentang asuransi kesehatan seperti yang sudah saya postingkan disini ? Tentunya juga sudah akrab dengan telinga kita nama asuransi kesehatan untuk masyarakat miskin […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s