Bahaya jamu ber-bahan kimia obat. Waspadalah!

11 06 2008

Kenapa ya? Banyak orang tidak bosan-bosannya melakukan usaha memperkaya diri sendiri sampai akhirnya harus memnyusahkan orang lain. Kemarin saya membaca di kompas.com bahwa BPPOM menarik lagi 54 merek jamu berbahaya karena mengandung bahan kimia obat. Padahal pemerintah jelas telah melarang  produksi dan peredaran produk obat tradisional/jamu yang dicemari bahan kimia obat melalui UU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan dan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tetapi masih banyak pihak yang nekat. Jamu-jamu yang baru-baru ini ditarik adalah :

1. Pacegin Kapsul Alami
2. Neo Gemuk Sehat merek: S.Munir
3. Ganoderma kapsul
4. Sela kapsul
5. Bima Kudra tablet
6. Ajib kapsul
7. Kamasutra kapsul
8. Asam Urat Flu Tulang Cap Unta
9. Akar Baru Kina Tablet
10. Ramuan Cina kapsul
11. Dasa Agung Dua serbuk
12. Sesak Nafas serbuk
13. Sari Bunga Segar Bugar serbuk
14. Jawa Dwipa cap daun Samiroto
15. Pria Dewa ocema kapsul
16. Golden Herbal kapsul
17. Obat Kuat dan Tahan Lama Ratu Madu Plus
18. Pegal Linu Asam Urat cap Burung Gelatik
19. Akar Sakti Asam Urat Flu Tulang Stroke
20. Asam Urat Pegal Linu Cikungunya
21. Asam Urat Flu Tulang Karisma Sehat
22. Sinar Manjur SMR serbuk
23. Runrat tablet
24. Ramuan Shinshe kapsul
24. Sehat Sentosa Gemuk Sehat serbuk
25. Serbuk Dewa
26. Sumber Sehat Perempuan serbuk
27. Sumber Sehat Ambein Sehat serbuk
28. Cakra Sehat Sesak Nafas serbuk
29. Serbuk Halus Asam Urat
30. Karisma Sehat Pria dan Wanita
31. Sumber Urip Pegal Linu
32. Serbuk Segar Asam
33. Super Abad 21 Asam Urat Flu tulang
34. Flu Tulang Pegal Linu Puspita Surya
35. Cap Sarang Lawet serbuk
36. Asam Urat Flu Tulang Akar Sewu
37. Asam Urat Flu Tulang Cakra Wijaya serbuk
38. 26 Sakit Pinggang kapsul
39. Serbuk Halus Asam Urat
40. Zestos kapsul
41. Sari Jagat Manjur Asam Urat kapsul
42. Sari Jagat Manjur Rematik kapsul
43. Dewa Ampuh Serbuk
44. Serbuk Asrema
45. Purba Sentosa Pegal Linu Rematik serbuk
46. Asam Urat Pegal Linu serbuk
47. Ramuan Manjur Pas Flu Tulang serbuk
48. Dua Putri Bayan Asam Urat kapsul
49. Fong Se Wan kapsul
50. Asam Urat Flu Tulang cap Onta Mas kapsul
51. Obat Kuat dan Tahan Lama Bulan Madu kapsul
52. Langsing Ayu Sing Ayu kapsul
53. Chuifong Toukuwan pil
54. Jaka Suna Gemuk Sehat serbuk

Jamu, menurut wikipedia adalah sebutan untuk obat tradisional (populer disebut herbal), dibuat dari bahan-bahan alami berupa bagian dari tumbuhan seperti akar-akaran, daun-daunan dan kulit batang, buah atau menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing atau tangkur buaya. Jadi, seyogyanya dan sesuai dengan ijin produksinya jamu tidak boleh dicampur dengan bahan kimia dalam bentuk apapun. Kembali ke 54 jamu yang telah di tarik tadi, sesuai pernyataan BP POM, ternyata mengandung sedikitnya sembilan bahan kimia berbahaya pada berbagai obat tersebut, antara lain Sildenafil sitrat yang biasa dipakai dalam obat kuat dan dapat menyebabkan sakit kepala hingga gangguan penglihatan bahkan kematian. Ada pula Metampiron yang biasa ditemukan pada obat asam urat, dapat menyebabkan gangguan darah, ginjal, dan kematian.

Nah, para penikmat jamu mulai saat ini harus mulai waspada dengan segala jenis jamu yang diminum. Selain itu, mudah-mudahan pemerintah melalui badan-badan pengawasannya juga semakin sigap melindungi rakyatnya dari perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin memperkaya diri sendiri.


Actions

Information

20 responses

17 06 2008
see'get

sukur dah aq dari dulu2x gag minum jamu, ya gag bos hi2, jamu qu air putih doang, he2 :D

18 06 2008
Yuddi

kalo ikut definisi aslinya mah gpp Git.. soalnya harusnya kan jamu itu pakai bahan dari tumbuhan. Nah, kadang supaya produknya laku, produsen nambah bahan-bahan kimia supaya lebih “cespleng”. Penambahan ini yang berbahaya, soalnya sering tanpa dosis yang tepat, gitu bos..
Enakan kalo mau minum jamu, beli di jamu gendong ajah.. Hehehehe..

24 06 2008
deasy

gw suka minum jamu :(

24 06 2008
Yuddi

@deasy
Gpp.. asal yakin jamunya ga pake bahan kimi a obat. Mungkin jamo gendong atau jamu tradisional itu lebih aman dibanding yg sachet… mungkin :)

22 09 2008
limpo50

Jamu mengandung Bahan Kimia, artinya adalah pada Bath Nomor tertentu, ditemukan adanya bahan kimia. Begitulah definisi yang biasa dianut BPOM selama berrrrrtahun-tahun, ber belas-belas dan berpuluh-puluh tahun. Itulah alasan mengapa Merek itu tidak langsung diganyang saja. Jadi pembatasan inilah yang kurang jelas dimasyarakat, bagaimana pemerintah mendefinisikan hal itu.
Padahal kita masyarakat menganggap Pokoknya merek itu, ya… sama lah, semua pasti mengandung bahan kimia.
Yang menjadi masalah pada tindakan BPOM adalah jikalau menemukan bahan kimia pada produk jamu, BPOM tidak kemudian memeriksa semua jenis jamu yang diproduksi oleh Pabrik bermasalah itu, tetapi HANYA membuat pembinaan “katanya”. Hal lain adalah, hadirnya bahan obat kimia itu pada produsen jamu tidak dilihat sebagai pelanggaran undang-undang obat keras yang harus dituntaskan penyidikan dan perkaranya hingga ke pengadilan. (Bukankah BPOM mempunyai Penyidik ? ). Banyak issu menyatakan persoalan itu terhenti ketika tiba di meja Pimpinan; ditingkat bawah masalah terangkat keatas tetapi selalu mandeg di balik Meja Pimpinan.
Asal-usul bahan obat kimia itu saja sudah menjerat pabrik untuk TOBAT jikalau sanksi dan perkara dapat diselesaikan secara aturan.
Tak kalah bermasalahnya jikalau urusan obat ini juga ikut-ikutan ditangani polisi. Tindakan nyata di lapangan suka terjadi penahanan obat yang tidak diketahui sama sekali seluk-beluknya oleh polisi.
Maka urusan dalam jamu ada obat kimia, adalah cerita sejak 30-40 tahun lalu…. yang hingga kini begitu-begitu saja tak selesainya.
Habislah reagensia di Laboratorium untuk pengujian, kumallah buku-buku standar lab. untuk dibuka, habislah waktu para laboran, masyarakat makan racun teruuus-menerus tak ada solusi, tak ada tindakan HUKUM yang sepadan dan tak ada keterbukaan.
Seribu kali jumlah ini bisa terjadi dalam tanggung jawab BPOM tetapi berapa yang selesai ditindaki ???
Semua berakhir dengan PEMBINAAN.
Maka cerita ini ibarat protes kita agar tidak mencapur bensin+minyak tanah sebagai bahan bakar, semua menggebu-gebu protes, seminar, tetapi tahukah anda? Kita telah lama memakai bensin campur itu. Bahkan hingga saat ini.

25 09 2008
Yuddi

@ Pak Limpo,
Wah penjelasannya sangat emosional Pak. Terima kasih sudah meramaikan, mudah2an bisa berdisukusi secara langsung.

Salam,
Yuddi

25 09 2008
limpo50

Pak Yuddi,
Maaf kalau tulisan diatas terkesan emosional.
tapi tahukah anda, penjual jamu gendong kini menggunakan jamu saset?, bahkan obat terlarang?, tapi kita tidak mau berterus terang… sebab seakan berdosa menindaki mereka yang kecil kendati berbuat salah.
Menutupi kesalahan pada yang besar, lain lagi motifnya. Yang jelas konsumen menerima semua akibatnya…
Apa yang bisa didiskusikan ?
Salam

26 09 2008
Yuddi

@Pak Limpo
Bukannya ini kita sudah berdiskusi, meski jujur saya jadi speechless karena saya tidak tau banyak tentang penjual jamu gendong yang menjual dari jamu sachet. Langganan keluarga saya -dulu waktu saya masih kecil- itu dalam penglihatan saya masih mencampur bahan2 alami, bahkan kadang masih di peras di depan kami.

Sekarang-sekarang ini, saya malah jarang sekali minum jamu bahkan hampir tidak pernah.

salam,
Yuddi

15 11 2008
limpo50

sekarang mbak jamu sudah siap juga kalo minta capsul aphrodesiaca lho…. pokoknye bukan hanya jamu komplet…tapi juga merek komplet.. hehee. Mau coba ???

28 11 2008
Yuddi

hahaha.. jadi pengen nyobain sprofloxacin campur beras kencur saya pak :D

29 11 2008
obat asam urat

nice artikel…
thanks ya buat infonya…
sangat bermanfaat…

29 11 2008
Yuddi

@obat asam urat
senang bila menjadi manfaat buat orang lain :)

3 12 2008
doelkenyut

duh,, yang nomer 7 dan 17 tu, hobi je…pantes kok habis minum nggak njengat2..

3 12 2008
Yuddi

@ mas doelkenyut

Ha ha ha … awas mas langsung jebol nanti itu jantungnyah :D

7 08 2009
vipbluechip

makanya minum cellfood aja bebas bahan kimia :)

10 08 2009
Yuddi

ssst.. dilarang ngiklan.. :D

29 12 2009
arie puji rahayu

menurut bapak definisi jamu sehat itu apa sih pak???

11 01 2010
Yuddi

jamu sehat tentunya yang tidak mengandung bahan kimia obat apalagi sintetik, itu menurut saya.

30 12 2010
dani_putra

jadi bcara sehat untuk menum jamu yang ssehat gmna cara nya

30 12 2010
Yuddi

menurut saya pastikan jamu yang anda minum tidak mengandung bahan kimia obat apalagi bahan sintetik lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s