JAMKESMAS sebuah solusi ?

12 05 2008

Masih inget tentang asuransi kesehatan seperti yang sudah saya postingkan disini ? Tentunya juga sudah akrab dengan telinga kita nama asuransi kesehatan untuk masyarakat miskin (ASKESKIN) yang sempat diharapkan menjadi dewa penyelamat bagi masyarakat miskin di Indonesia meski pada prosesnya ternyata banyak masyarakat miskin yang tidak mampu mengakses layanan ini. Entah dimana kelirunya, ternyata program ASKESKIN ini tidak juga dapat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan bahkan secara umum akhir tahun lalu ternyata diungkap hutang PT. ASKES kepada penyelenggara pelayanan yang jumlahnya mencapai 1,2 triliun rupiah.

Tahun ini pemerintah Indonesia melalui departemen kesehatan meluncurkan program JAMKESMAS (Jaminan Kesehatan Masyarakat) sebagai pengganti ASKESKIN yang -katanya- disebut-sebut anti korupsi dan anti kolusi. Dalam program ini PT.ASKES tidak lagi mengelola dana yang diberikan pemerintah melainkan hanya mengelola kepesertaan, praverifikasi peserta dan pelayanan program serta melakukan pemantauan. Secara bertahap, nantinya seluruh kartu ASKESKIN akan diganti dengan kartu jamkesmas. Untuk pengelolaan yang dilakukan, PT.ASKES akan menerima 2,5% dari total dana yang dikelola (pada tahun 2008 sebesar 4,6 triliun rupiah). Berbeda dengan sistem sebelumnya yang memberikan wewenang sepenuhnya kepada PT. ASKES untuk mengelola semua dana ASKESKIN. Berikut adalah gambar kartu peserta jamkesmas :

Pada pelaksanan JAMKESMAS, kegiatan verifikasi yang meliputi verifikasi pelayanan, keuangan dan administrasi akan dilakukan oleh verifikator independen yang direkrut oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan di daerah. Dalam hal pendanaan, dana untuk program ini disalurkan langsung dari kas negara ke rekening rumah sakit melalui bank yang ditunjuk pemerintah. Sehingga benar-benar dana yang ada diharapkan akan langsung diterima oleh penyelenggara pelayanan kesehatan.

Program baru ini mudah-mudahan benar-benar bisa membantu masyarakat indonesia yang kurang beruntung dan tidak ada insiden hutang lagi sehingga membuat departemen kesehatan harus memotong anggarannya guna menutup hutang tersebut. Bukankah lebih bermanfaat apabila dana tersebut digunakan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat miskin di Indonesia ?

Disarikan dari berbagai sumber (depkes, antaranews, kompas, detiknews, sinarharapan)

About these ads

Actions

Information

38 responses

1 07 2008
rachmad pg

postingannya cerdas dan kritis…
Salam kena;

1 07 2008
rachmad pg

Salam kenal from http://puageno.multiply.com

20 10 2008
Iskandar

Untuk Syarat-syarat nya dalam mendapatkan JAMKESMAS ini bagaimana?, Apakah ada mengisi formulir2 dulu dalam pengurusan mendaptkan kartu JAMKESMAS tsb. trus cara gunain Kartu JAMKESMAS bagaimana

Trims

25 10 2008
aik-aik

Kepesertaan seseorang dalam JAMKESMAS ini dituangkan dalam SK Bupati/Walikota setempat. Nama2 tersebut diusulkan dari tingkat pemerintahan yg paling rendah. PT. Askes selaku pengelola distribusi kartu JAMKESMAS hanya mencetak kartu sesuai dengan nama2 yang tercantum dalam SK tersebut. Walaupun peserta belum memperoleh kartu JAMKESMAS, namun bila dari hasil penelusuran nama ybs sudah tercantum dalam SK dimaksud, maka ybs sudah berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Demikian, semoga cukup menjelaskan.

25 10 2008
Yuddi

@ Bpk Iskandar
Bagaimana Pak jawaban sdr aik-aik udah cukup membantu?

@aik-aik
Matur nuwun njih :)

11 11 2008
VerifikatorIndependen

Menurut Menkes Jamkesmas anti korupsi, pembayaran akan lebih cepat dari sebelumnya..
Buktinya apa..? jamkesmas lebih kacau.. thn sampai sept 2008 RS baru terima pembayaran 3 bulan, verifikator independen apalagi..? lebih kasian karena mereka lum dibayar gaji 1 bulan pun…?
Malah lebih kacau… mencla mencle…
mana gaji kita bu.. kita butuh buat ongkos dan makan sehari2…

11 11 2008
Yuddi

@verifikator independen
Wah.. ikut bersedih buat teman-teman verifikator independen yang kurang beruntung..
Mudah-mudahan cepat segera di beri pemecahannya dari depkes..

Bu Menteri.. gimana ini?

8 04 2010
kristin

Bagaimana dengan masyarakat miskin yang saat ini membutuhkan pelayanan kesehatan tapi pendaftaran peserta Jamkesmas sudah tidak ada di RT, RW, atau kelurahan setempat.

8 04 2010
Yuddi

Sepengetahuan saya data itu harus termutahirkan terus, jadi pendataan dan pendaftaran tidak dalam 1 waktu saja. Apalagi sekarang masing2 daerah pun mengembangkan jamkesda dan jaminan sejenis untuk masyarakat miskin. Mungkin memang masih belum mencakup semua masyarakat miskin. Tapi coba di akses ke pemerintah daerah setempat.

Salam,
Yuddi

22 09 2010
suhendro

semua data dan informasi sepertinnya selalu dikaburkan,…… beginilah kalau koruptor dimana-mana kasihan rakyat miskin,….. tidak mendapatkan kesehatan yang layak dan manusiawi……..semua yang makan uang rakyat kami sumpahin punya penyakit yang melebihi rasa sakit yang rakyat miskin derita selama ini sampai 7 turunan……..

9 10 2010
Yuddi

@Pak Suhendro
Kadang agak susah melihat kemakmuran para koruptor.. apakah itu sebuah ujian atau sebuah anugerah.. hehehe..
Semoga kita dijauhkan dari perilaku tak terpuji itu Pak!

15 12 2010
ami

aww….
syarat2 untuk mendapatkan jamkesmas ge mana…..

21 12 2010
Yuddi

Ibu ami, untuk mendapatkan jamkesmas coba menghubungi RT/RW atau kelurahan setempat untuk melengkapi persyaratannya. Kalau langsung ke rumah sakit pun biasanya diperlukan surat2 keterangan dari RT/RW atau kelurahan.

13 01 2011
yudo

duh pusing ne… Gimana seh cara buat krtu jamkesmas sudh 7x mundar-mandir jakarta bandung untk mengurus kartu jamkesmas
Adik sy kclakaan di bndung skrng di rawat di rshs bndung!
Keadaan adk sy di operasi bgian perut di ankat limpanya dan bgian kpalanya di jait 12 jaitan dan hrs di operasi lg krn btok kdlm kepalany menekan syaraf otaknya..
Dri jakarta blng surt2nya dah lngkap tp blm jg di brikan kartu jamkesmas
Dri bndung blng ga bsa krna tdk ada hubungan antara phk rmh skt dan dinkes dki
Gmn seh tlng dr ke2 phk jgn mempersulit keadaan
Trus terang sy ini orang tdk mampu untk membyr tghan dr rs…

13 01 2011
Yuddi

Pak Yudo, ikut prihatin atas musibahnya semoga adiknya segera sembuh.
Sepengetahuan saya, memang jamkesmas itu membutuhkan rujukan sesuai dengan alur rujukannya. Jadi kalau dari puskesmas, dirujuk ke rumah sakit daerah maka berlaku sebagai pasien jamkesmas.
Mungkin karena Pak Yudo tidak membawa rujukan jadi rumah sakit di Bandung menyampaikan keterangan seperti itu.
Karena memang setiap surat rujukan itu selalu merujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.
Mungkin begitu keterangan saya, semoga segera ada pencerahan untuk memecahkan masalah Pak Yudo.

5 03 2011
uun

sebenarnya ada gak sih batas waktu pengurusan jamkesmas.
saya tinggal dibali. saat ini bapak saya di rawat di RSUD di bali dan didiagnosa penyakit tumor paru-paru.
pihak dokter RS tersebut menyarankan utk mencari JAMKESMAS guna bisa mendapatkan pengobatan gratis.
terus terang bahwa kami bukan kluarga yg mampu utk membiayai pengobatan bapak saya. dikarenakan bapak saya berasal dr jawa, maka kami mengurus JAMKESMAS dijawa dimana bapak saya tinggal sbelumnya.
dan disaat kami mengurusi surat2 tsb hingga pada tahap di dinas kesehatan daerah dibilangnya bahwa saat ini (th 2011) sudah tidak ada lagi JAMKESMAS dan adanya jaminan kesehatan yg dikeluarkan oleh pihak daerah dan hanya berlaku dimana penduduk tersebut tinggal.

pertanyaannya:
apakah benar saat ini (th 2011) sdh tidak bisa mendptkan JAMKESMAS?..

atas perhatiannya sy sampaikan terima kasih.
Uun

7 03 2011
Yuddi

Mbak Uun,
Setau saya data peserta Jamkesmas masih diperbarui tahun 2011 ini jadi program ini sepertinya tetap ada. Tapi, kalau seperti yang Mbak Uun lakukan mengurus Jamkesmas di daerah asal (jawa) untuk pengobatan di Bali sepertinya memang tidak bisa karena distribusi dan pendataan peserta jamkesmas memang per daerah.
Kemudian alur rujukannya juga berdasarkan tingkatan pelayanan kesehatan di daerah bertingkat dari puskesmas -> rsud -> rsup. Saran saya mungkin sebaiknya di usahakan memiliki ktp untuk domisili di Bali, lalu ikut program jamkesda di Bali.

Mudah2an bermanfaat dan ada temen lain yg bisa menambahkan.

15 09 2011
umbahbah

selain jamkesmas saya pernah mendengar MULTIGUNA sama atau tidak?

15 09 2011
Yuddi

Saya kok belum pernah tau yah yg di kelola pemerintah dengan multiguna. Tetapi kalau perusahaan asuransi juga banyak kok yang menangani pasien kelas III.

15 09 2011
M.sukoco

sory mo minta infonya adik sy ngurus jamkesmas di daerah tp ktanya dah g bs,ada yg tau solusinya g ?

19 09 2011
Yuddi

Pak Sukoco,
Mohon maaf saya tidak bisa mengakses ke kebijakan jaminan kesehatan di setiap daerah. Tapi yang saya dengar memang ada beberapa daerah yang bermasalah dan belum ada kejelasan.

Mungkin sebaiknya menghubungi rumah sakit daerah atau pemerintah setempat untuk menanyakan fasilitas kesehatan tersebut.

salam,
Yuddi

20 10 2011
rudy

Pak saya punya keponakan tinggalnya dilampung dia berobat di rumah sakit darmais jakarta didiagnosa positif tumor ginjal dan butuh biaya cukup besar kita mencari jamkesmas di lampung tidak bisa ,sekarang kita usahakan untuk mendapatkan jamkesda di jakarta. pertanyaanya : apakah bisa digunakan karena alamat diagnosanya di rumah sakit darmais masih pake alamat lampung sedangkan alamat tinggal di jamkesda adalah jakarta

22 10 2011
Yuddi

Pak Rudy,
Mohon maaf, saya tidak bisa memberi banyak informasi. Setahu saya apabila prosedurnya dipatuhi (jenjang rujukannya) pengurusan relatif lebih mudah. Jadi dari puskesmas, ke rsud, hingga ke rujukan nasional seperti darmais. Akan tetapi bisa atau tidaknya proses seperti yang bapak sebutkan, saya tidak memiliki cukup informasi. Mohon maaf sekali.

7 11 2011
Wahid wahyudi. S.km

pak,tolong untuk JAMKESMAS ini dipermudah sebagaimana,JAMKESMAS ini dibutuhkan oleh masyarakat kecil,menurut saya,untuk membuat jamkesmas ini sangat rumit,seakan kita dibuat susah dahulu,saya sebagai SKM,tolong tingkatkan kesehatan masyarakat,agar tercipta negara yang sehat,karena sehat bukan hanya milik orang kaya !

7 11 2011
Yuddi

Semoga pemegang kebijakan ikut baca ya Pak.. semoga…

23 11 2011
hendri

pak saya tidak kerja saya butuh pengobatan kerumah sakit pusat atau rujukan kerumah sakit cipto.tapi saya tidak punya biaya,apa saya bisa mengurus jamkesmas.bagaimana pengurusannya apa tidak berbelit2 pak dan bagaimana cara pengurusannya.mohon penjelasannya,terima kasih

24 11 2011
Yuddi

Pak Hendri,
Sampai hari ini setahu saya pengurusan di mulai dari pemerintah setempat (rt/rw/lurah) kemudian berobat ke puskesmas di wilayah bapak, kemudian apabila memang perlu akan dirujuk ke rumah sakit sesuai dengan keluhan bapak. Demikian, semoga bermanfaat.

3 04 2012
faridatur

saya mau tanya, apakah saat pembuatan jamkesmas ada hal-hal yang harus dibayar???kalau iy, apa saja yg harus dibayarkan untuk mendapatkan jamkesmas??? terimakasih atas infonya

3 04 2012
Yuddi

Setahu saya tidak ada yang harus dibayar selama memenuhi ketentuan penerima jamkesmas/jamkesda. Akan tetapi kebijakan tiap daerah pasti berbeda-beda, untuk lebih jelasnya sebaiknya menghubungi pemerintah setempat.

13 04 2012
ayu

saya mau tanya apa untuk pengurusan jamkesmas ditahun 2012 ini masih bsa?n bagaimana syarat2nya?terima kasih atas infonya..

7 06 2012
Yuddi

Ayu,
mungkin bisa menghubungi pemerintah setempat untuk kepastiannya.

22 06 2012
stefany

Bapak2 dan Ibu2……..! Ibu saya harus di operasi karena terkena Miom stadium 7.9 kata dokter!! sementara kami tdk bisa mengurus Jamkesmas, padahal biaya oprasinya 15 jutaan!!!
bisakah saya meminta bantuan dari bapak/ibu, atau masukan2 bagi keluarga kami agar kami bisa mendapatkan bantuan keringanan dari pihak pemerintah??
Caranya bgmn???

22 06 2012
Yuddi

Komennya saya approve, dengan harapan ada pembaca blog saya yang mungkin bisa membantu memberi pencerahan.
Sekedar saran, mungkin sebaiknya diperhatikan penggunaan tanda seru karena penggunaan tanda baca yang berlebihan bisa terkesan kurang sopan.
Semoga ibunya cepat sembuh..

15 11 2012
hendrik

kenapa rakyat miskin banyak yg blm mendapatkan jamkemas….sering terjdi dirmh sakit ..kalau di tanya blm punya jamkesmas….jd mereka mlh bingung kemana hrs mengurus..sedangkan rmh sakit memberi waktu 1x24jam.

15 11 2012
hendrik

brarti kalau nama rayat miskin blm tercantum namanya…tdk bisa membuat jamkesmas…

22 11 2012
Yuddi

Pak Hendrik,
menurut saya proses pembuatan kartu itu membutuhkan keaktifan baik dari pemerintah setempat dan masyarakat juga, sehingga kita tidak bisa menilai secara langsung siapa yang paling dipersalahkan dalam hal ini. Namun, menurut saya dalam sebuah perencanaan pembiayaan, data sangatlah penting sehingga apabila tidak tercantum dalam data bisa jadi akan tidak tercover karena biaya yang ada sudah direncanakan sesuai perhitungan tertentu.
Saya tidak memiliki banyak informasi mengenai proses pendataan maupun bagaimana pelaksanaan program ini di masing-masing daerah, apabila memang membutuhkan mungkin sebaiknya menghubungi pemerintah daerah setempat.

18 06 2013
brian

saya mau tanya kartu jamkesmas ibu mertua saya sudah habis masa berlakunya. Bagaimana cara memperpanjangnya? Apakah betul kata RT setempat ibu mertua saya sudah terlambat memperpanjangnya dan harus menunggu 5 tahun lagi untuk membuat kartu yang baru

25 06 2013
Yuddi

Mohon maaf saya tidak dapat membantu informasi mengenai cara pengurusan kartu. Akan tetapi untuk informasi yang lebih akurat, mungkin bisa ke kelurahan dan/atau kecamatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s